DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Tidak Hanya Baca Buku, Arpusda Ajak Siswa Safari Perpustakaan

Program Bangun Literasi Untuk Anak Negeri (Bestari) mengajak siswa-siswi SMP Aplikatif Assunniyah Sunan Drajat Lamongan safari literasi dengan memperkenalkan fasilitas-fasilitas di Perpustakaan Daerah Lamongan seperti Ruang Baca, Ruang Anak, Ruang Multimedia dan lainnya pada Rabu (11/10/23).

Kegiatan dimulai dengan mengisi absensi kehadiran di komputer lalu dilanjut masuk ke ruangan. Siswa-siswi disambut dengan sambutan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya Farah memperkenalkan program-program perpustakan Lamongan.

"Di Perpustakaan Lamongan juga bisa belajar menulis buku. Ada pelatihan kepenulisan yang bisa diikuti siswa-siswi" Ujar Farah.

Dalam kunjungan ke perpustakaan, sebanyak 45 siswa diajak untuk lebih dekat mengenal perpustakaan dengan melihat koleksi perpustakaan Lamongan yang dipandu oleh Kak Zulianti. Setelah selesai berkeliling perpustakaan, siswa-siswi memilih dan membaca buku kesukaan masing-masing. Kak Luluk memandu untuk mereview isi buku yang telah dibaca siswa-siswi. Beberapa dari mereka maju ke depan untuk menceritakan isi dari buku yang mereka baca.

Dalam kesempatan ini, siswa-siswi dikenalkan oleh Bahasa Inggris oleh Kak Antin. Siswa-siswi diajak Kak Antin untuk membaca dan memahami sebuah dialog dalam bahasa Inggris. Setelah memahami, Kak Antin memberikan pertanyaan tentang isi dialog tersebut. Ada tiga anak yang maju menjawab pertanyaan Kak Antin dengan lancar. Mereka yang bisa menjawab, mendapatkan doorprize menarik.

Akhir kegiatan, siswa-siswi dipersilakan unjuk karya dengan membaca puisi dan pantun. Kemudian kegiatan ditutup dengan foto bersama.