DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

RESMI DIKUKUHKAN, GPMB LAMONGAN SIAP BUDAYAKAN PERILAKU MEMBACA

Peran Perpustakaan dalam Mencerdaskan dan Memberdayakan Masyarakat Lamongan adalah tema yang diusung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dalam Pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Kabupaten Lamongan tahun 2023 sekaligus peringati Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2023 pada Kamis, (14/09/23)

Dihadiri oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Abdul Rouf berserta jajarannya serta pegiat literasi Lamongan dan siswa-siswi SMP/SMA di Kabupaten Lamongan, pengukuhan PD GPMB berjalan dengan khidmat dan lancar.

"Perintah pertama Allah kepada Nabi Muhammad Saw dalam wahyu-Nya yang pertama yaitu Iqra yang artinya bacalah. Oleh karena itu membaca sangat penting." Terang Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya.

Dengan dikukuhkannya PD GPMB Kabupaten Lamongan ini diharapakan Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan berkolaborasi meningkatkan dan menumbuhkembangkan minat baca yang lebih besar di masyarakat.

"Pentingnya menggencarkan literasi sejak usia dini, karena hal ini akan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan," kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah menjelaskan minat baca di kabupaten Lamongan mengalami peningkatan yang baik tapi dengan adanya PD GPMB ini diharapkan menambah peningkatan minat baca di Lamongan serta dapat menjangkau lapisan masyarakat di desa.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pemustaka Perpustakaan Lamongan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan memberikan reward kepada 3 pengunjung dan 3 peminjam buku teraktif tahun 2023. Acara kemudian dilanjutkan dengan Talkshow Sharing Bersama Pegiat literasi Lamongan.

Pengukuhan GPMB ini diharapkan dapat meningkatkan budaya serta perilaku membaca di lingkungan masyarakat Kabupaten Lamongan.