Juni

22

 2023

Perkuat Pemahaman Pancasila Siswa MAN 1 Lamongan, Bakesbangpol Gandeng JPM dan Kodim Gelar Sosialisasi

 bakesbang
 299
 22-Juni-2023

Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Bakesbangpol Kabupaten Lamongan menggandeng Jejaring Panca Mandala menggelar sosialisasi bertemakan Penguatan Ideologi Pancasila di Aula MAN 1 Lamongan pada Kamis (22/6).

Ketua JPM Joko Tingkir Lamongan, Suisno, dan Pasi Intel Kodim 0812 Lamongan, Kapten Arm Hari, bertindak sebagai narasumber kegiatan.

Materi pertama disampaikan oleh Kapten Arm Hari, yang menjelaskan mengenai wawasan kebangsaan. Dirinya menyatakan keprihatinan atas menurunnya rasa nasionalisme dan cinta tanah air generasi muda Indonesia sekarang.

Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme tersebut harus dimulai dari diri sendiri dan diterapkan dalam tindakan, seperti membeli produk dalam negeri karena hal tersebut menunjukkan rasa cinta tanah air dan memutar roda perekonomian bangsa.

Materi kedua disampaikan oleh Suisno, yang menjelaskan mengenai perkembangan Pancasila di era sekarang. Suisno menerangkan bahwa zaman dulu terdapat pemaparan P4 yang menjadikan orang-orang memiliki pemahaman Pancasila yang kuat. Hal ini berbanding terbalik dengan era sekarang yang memiliki pemahaman yang kurang sehingga rasa nasionalisme juga turut berkurang.

Perkembangan teknologi informasi juga dinilai dapat menjauhkan generasi muda dari nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai moral ketimuran seperti menghormati guru atau orang yang lebih tua terkikis karena perubahan pandangan akibat mengakses informasi tanpa filter.

Menurut Suisno, menerapkan nilai-nilai Pancasila sudah cukup hanya dengan berbuat baik, baik kepada diri sendiri maupun kepada sesama.

Dalam kegiatan ini, Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekososbudag, Sapari, turut menyerahkan sejumlah bendera Merah Putih kepada Moch. Saiful yang mewakili Kepala MAN 1 Lamongan sebagai upaya menyukseskan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan mengenai Jejaring Panca Mandala sekaligus memperkuat pemahaman ideologi Pancasila kepada siswa MAN 1 Lamongan. Hal ini dikarenakan makin melunturnya rasa nasionalisme dan penghayatan Pancasila generasi muda zaman sekarang. Oleh karena itu, harapannya kegiatan ini dapat menjadikan generasi muda, khususnya siswa MAN 1 Lamongan dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023