BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Baznas Lamongan Serahkan Laporan Hasil Audit Independen Kepada Pemkab Lamongan

Lamongan, Prokopim- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lamongan menyerahkan Laporan Keuangan dan Laporan Auditor Independen atas Laporan Keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) hasil penilaian Auditor Independen Kantor Akuntan Publik. 


Laporan Keuangan dan Hasil Audit ini diserahkan langsung oleh Ketua BAZNAS Lamongan Bambang Eko Muljono kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Ruang Kerja Bupati Kantor Pemkab Lamongan, Selasa (19/3).


Dalam pertemuan tersebut, Bambang menyampaikan, Baznas berkewajiban melaporkan semua kegiatan baik dari pengumpulan, pendistribusian, operasional kantor dalam bentuk Laporan Keuangan yang di audit oleh Kantor Akuntan Publik Independen. Hal ini menurut dia sebagai wujud tanggungjawab kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan yang telah menyalurkan ZIS ke Baznas Lamongan. 


Dihadapan Bupati Yes, Bambang juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan pemerintah daerah, sehingga Baznas Lamongan dapat melaksanakan berbagai kegiatan dengan lancar.


"Terima kasih Pak Bupati, bapak ibu pejabat semuanya atas dukungan terhadap berbagai program kami. Di bulan Ramadan ini Baznas Lamongan menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di 476 desa/kelurahan di Kabupaten Lamongan. Selain itu bersamaan acara TMMD, Baznas juga memiliki program bedah rumah sebanyak 10 unit di Desa Brengkok Kecamatan Brondong, bantuan kepada 52 rumah warga yang terimbas bencana angin puting beliung di Desa Badurame Kecamatan Turi, hingga bantuan biaya hidup untuk berobat anak-anak di Desa Sidomukti Kecamatan Brondong, ini sudah berjalan 6 bulan dan akan terus berlanjut," tuturnya kepada Pak Yes. 


Menanggapi hal tersebut, Bupati Yes menyampaikan apresiasi atas kinerja Baznas sebagai badan yang diamahi sebagai lembaga yang mengelola zakat, infaq dan shodaqoh secara profesional. Atas pengelolaan tersebut, Baznas tidak hanya mampu berperan sebagai penyedia bantuan jaminan sosial bagi fakir miskin. Bahkan kehadiran lembaga ini menopang tugas negara dalam mensejahterakan masyarakat. 


"Pemerintah Kabupaten Lamongan akan terus mendukung berbagai program baik yang berkelanjutan apalagi semua ini untuk mensejahterakan masyarakat. Kami harap di tahun 2024 ini peran Baznas semakin profesional dan dirasakan manfaat oleh masyarakat," pungkasnya.