Januari

21

 2024

Kunjungi Lamongan, Menhub Budi Karya Konsolidasikan Perbaikan Pelabuhan Perikanan

 prokopim
 75
 21-Januari-2024

Lamongan, Prokopim- Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Lamongan, tepatnya di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Minggu (21/1/2024). Kedatangan Menhub yang disambut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi tersebut, bertujuan melakukan konsolidasi untuk memperbaiki PPN Brondong sekaligus menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi nelayan Lamongan.


Sebelumnya, Pemkab Lamongan telah mengirimkan surat kepada Kementrian Perhubungan atas usulan atau aspirasi nelayan Lamongan yang menjadi kewenangan Kementrian Perhubungan, dimana para nelayan di Lamongan menyampaikan adanya pendangkalan di pelabuhan sehingga menyulitkan kapal mereka untuk berlabuh. Untuk itu, para nelayan meminta dilakukan perbaikan dan pengerukan.


Menindaklanjuti hal tersebut, dihadapan masyarakat nelayan, Menhub mengungkapkan, ada dua titik yang menjadi konsentrasi perbaikan yakni Kolam Lambat Labuh di PPN Brondong, dan normalisasi muara Kali Asinan. 


“Kami hari ini bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meninjau dua titik yakni di daerah kolam dan Kali Asinan, dimana kedua tempat ini kapal-kapal bersandar. Kami berikhtiar dua-duanya kami lakukan. Tentu apa yang kami lakukan tidak kita lakukan sendiri. Kementrian Perhubungan akan berkolaborasi bersama dengan Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Pelindo, dan terminal khusus (tersus) yang ada di sekitar Lamongan," ucap Menhub Budi Karya. 


Bahkan untuk memuluskan jalannya normalisasi Kali Asinan yang ada di perbatasan Kelurahan Blimbing Paciran dan Brondong, serta pendalaman Kolam Lambat Labuh di PPN Brondong yang saat ini menjadi prioritas, Menhub akan mendatangkan alat berat untuk memudahkan pengerjaannya. 


"Besok kita akan dorong beberapa ponton kesini. Beberapa Ponton yang dimiliki tersus kesini. Semoga berjalan dengan baik," imbuh Menhub Budi Karya.


Mendengar hal tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan terima kasih atas respon cepat Menhub dalam menindaklanjuti usulan nelayan Lamongan. 


"Atas nama pemerintah dan mewakili seluruh nelayan, Saya menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi yang berkenan hadir di Kabupaten Lamongan untuk melihat secara langsung potensi perikanan sekaligus menyelesaikan berbagai tantangan yang terjadi. Ini menunjukkan kepada kita bahwa beliau merespon dengan cepat surat permohonan dari Pemkab Lamongan atas aspirasi nelayan yang kami sampaikan pada beberapa minggu yang lalu," ucap Pak Yes. 


Senada dengan Bupati Lamongan, Ketua Rukun Nelayan Blimbing Nur Wachid, menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah yang akan melakukan perbaikan pelabuhan.


"Tentu luar biasa senengnya, semangat luar biasa. Semoga dengan adanya perbaikan, semakin memudahkan pergerakan kapal kami untuk mencari ikan,” ujarnya.


Pada kesempatan ini Menhub dan Bupati Lamongan juga membagikan life jacket dan paket sembako bagi nelayan di PPN Brondong. 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023