DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Informasi

Informasi 26 Agustus 2024

APEL PAGI SEBAGAI BUDAYA ORGANISASI POSITIF UNTUK MEWUJUDKAN DISIPLIN DAN SINERGI PROGRAM KEGIATAN

LAMONGAN – Budaya Organisasi adalah suatu karakteristik yang ada pada sebuah organisasi dan menjadi pedoman organisasi tersebut sehingga membedakannya dengan organisasi lainnya. Dengan kata lain, budaya organisasi adalah norma perilaku dan nilai-nilai yang dipahami dan diterima oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan memiliki sebuah budaya organisasi yakni kegiatan apel pagi yang dilaksanakan sebelum mengawali tugas kedinasan.
Pada Selasa (13/08/2024) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan melaksanakan kegiatan apel pagi. Kegiatan apel pagi ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh para pegawai Dinas PMD Kabupaten Lamongan dengan durasi waktu antara 10-15 menit. Apel pagi ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Lamongan yakni Gatot Sugiharto, SE., MM. Apel pagi diisi dengan arahan singkat pimpinan, sharing informasi dari peserta apel, sharing motivasi atau quotes, dan ditutup dengan doa bersama.
"Tujuan apel pagi di lingkungan Dinas PMD Kabupaten Lamongan yang pertama adalah berdoa kepada Allah SWT, agar dalam bekerja dari pagi hingga sore kita selalu diberi petunjuk, kemudahan, dan keselamatan. Jadi sebelum bekerja diwajibkan untuk berdoa. Apalagi manusia adalah makhluk yang lemah, banyak salah dan lupa. Kemudian yang tak kalah penting adalah sharing informasi baik dari saya maupun masing-masing seksi atau sub bagian. Dengan begitu, semua informasi dapat tersampaikan lebih cepat, tanpa harus menunggu diadakan rapat terlebih dahulu." Demikian diungkapkan Sekdin PMD Kabupaten Lamongan, Gatot Sugiharto, SE., MM. Kegiatan ini juga merupakan sarana pengaplikasian salah satu Program Budaya Dinas PMD Kabupaten Lamongan yakni Satu Informasi Setiap Hari.