DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 29 Agustus 2024

69 DESA DAPATKAN LENCANA “DESA MANDIRI” PADA UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-79

LAMONGAN - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sematkan lencana dan piagam penghargaan desa mandiri kepada 69 desa yang ada di Kabupaten Lamongan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi pada Hari Ulang Tahun ke 79 kemerdekaan RI, Sabtu (17/08/2024) di Alun-alun Kabupaten Lamongan pagi ini.
69 desa mandiri tersebut telah memenuhi Indeks Desa Membangun (IDM). IDM sendiri merupakan indeks komposit yang dibentuk dari tiga indeks, meliputi Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL).
Pemenuhan kriteria menunjukkan kondisi desa yang semakin baik dari segi sosial, ekonomi, dan ekologi. Sehingga saat ini, tercatat ada 52 persen desa mandiri yang ada di Kabupaten Lamongan atau sejumlah 239 desa mandiri, dari jumlah total desa yang ada di Kabupaten Lamongan yakni 462 desa.
Terkait lencana penghargaan, dijelaskan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, M. Zamroni, S.Sos., M.Si, menyebutkan bahwa bentuk lencana berupa logo Kemendes dengan lempeng warma emas dipadukan tulisan Desa Mandiri diatas kain warna ungu.
Zamroni pada kesempatan tersebut menghaturkan rasa bangga atas perkembangan yang terjadi di Kab. Lamongan. Disebutkannya bahwa ini semua bisa terjadi berkat kerja keras para jajaran di pemerintahan desa serta sinergitas yang terjalin di seluruh sektor. Menurutnya, capaian yang telah diraih ini bisa menjadi pendorong semangat para aparat desa serta masyarakat untuk semakin bekerja dengan baik.