DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

TUMBUHKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA ANAK, DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN LAMONGAN GELAR LOMBA BERTUTUR TINGKAT SD/MI SE-KABUPATEN LAMONGAN

LAMONGAN - Selasa, 23 Mei 2023 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan sukses menggelar Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se-Kabupaten Lamongan. Kegiatan bertempat di Aula Cendekia Lantai II Pusat Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan ini diikuti oleh 15 peserta yang lolos pada tahap seleksi awal melalui video yang telah diunggah melalui channel youtube.

Lomba bertutur dilaksanakan untuk menumbuhkan budaya gemar membaca anak dan memperingati Hari Jadi Lamongan ke-454 serta HUT Perpustakaan Nasional ke-43.

Kegiatan Lomba Bertutur ini dibuka secara langsung oleh Sulastri, S.Pd., MM selaku Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Pembudayaan membaca barus diterapkan sejak dini, hal ini bisa dilakukan melalui 3 jalur, yaitu dari keluarga, pendidikan, dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan diadakanya kegiatan Lomba Bertutur ini yaitu untuk membudayakan kegemaran membaca anak.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta wajib membawakan cerita rakyat atau cerita daerah Lamongan. Hal ini sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan lomba. Diantara cerita rakyat atau daerah yang dibawakan peserta antara lain cerita Asal Usul Kota Lamongan, Panji Laras dan Liris, Dewi Andong Sari dan Gajah Mada, Bandeng Lele, dan masih banyak lagi. Dalam penampilannya para peserta juga diperbolehkan menggunakan alat peraga dalam mendukung penampilannya apabila diperlukan.

Hasil penilaian lomba bertutur tingkat SD/MI tahun 2023 ini diraih oleh Zyvana Aisyiah Putri, perwakilan dari MI Ma'arif NU Sunan Drajad Lamongan yang sukses menjadi juara pertama dengan membawakan cerita tentang Bandeng Lele yang merupakan ikon Kabupaten Lamongan. Juara kedua diraih oleh Farah Berliana Risda Putri perwakilan dari SDN 1 Sidoharjo dengan membawakan cerita tentang Raden Panji Laras dan Raden Panji Liris dengan Dyah Andanwangi dan Dyah Andansari. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Sefhalina Madaniah Syaharani dari SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan dengan membawakan cerita tentang Asal-Usul Desa Tanjung.