BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Sambut Meriah Para Kafilah MTQ XXIX Kebanggaan Lamongan Bupati Yes Berangkatkan Umroh Peraih Emas



Pemerintah Kabupaten Lamongan menyambut meriah kedatangan para pahlawan-pahlawan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang berhasil mengukir prestasi membanggakan pada ajang MTQ Ke-29 tingkat Jawa Timur di Kantor Kementrian Agama Lamongan, sebelum melakukan perjalanan kirab menuju acara seremonial di Pendapa Lokatantra, Rabu (11/11).

Kemeriahan kirab penyambutan kafilah terlihat dari antusiasme masyarakat yang turut menyaksikan parade kirab disepanjang Jalan Panglima Sudirman menuju Jalan Lamongrejo hingga di depan Pendopo Lokatantra dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Para kafilah disambut dengan hadrah sholawat badar serta pengalungan untaian bunga kepada peraih medali emas oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Bupati Yes, sapaan bupati yang mahir berpantun tersebut, menyambut 54 kafilah dengan rasa bangga, kepada para kafilah peraih medali emas, Bupati Yes mengapresiasinya dengan memberangkatkan umroh. Hal ini sebagai bentuk dedikasi dan perjuangan atas prestasi yang membanggakan Kabupaten Lamongan.

Para peraih medali emas tersebut yakni, Mohammad Chusnul Chuluk MKQ-Golongan Hiasan Mushaf Putra, Lailatul Mubtadiah MKQ-Golongan Naskah Putri, Titin Hamidah Golongan Qiraat Sab’ah Mujawwad Dewasa Putri, Cinta Wardatunnajah Amanatillah Golongan 1 Juz dan Tilawah Putri, dan Sawabila Irfanah Golongan 30 Juz Putri.

“Ini lah moment yang dinanti-nanti. Moment yang membanggakan atas diraihnya juara umum MTQ Ke-29 yang diselenggarakan di Pamekasan. Meski tidak menjadi tuan rumah tetap jadi juara. Itu artinya kafilah Kabupaten lamongan merupakan kafilah sejati,” ungkap Bupati Yes.

Bupati Yes juga mengungkapkan prestasi yang didapatkan merupakan hasil ihktiar bersama serta perjuangan atas perjalanan panjang yang telah dilakukan selama ini.

“Mari terus kita perbaiki. Ini menjadi tantangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) kedepan, mempertahankan juga perlu perencanaan yang matang dan baik,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Yes juga mengajak seluruh kafilah turut menggelorakan nilai-nilai Al Qur’an ditengah masyarakat. Sehingga masyarakat Lamongan menjadi masyarakat yang bermartabat dan berakhlak.

Sementara itu, ketua LPTQ sekaligus Sekda Kabupaten Lamongan, Moh Nalikan mengungkapkan apresianya kepada seluruh kafilah dan official yang turut terlibat dalam MTQ Ke-XXIX. Atas kontribusi dan dukungan seluruh pihak, kontingen Lamongan dapat keluar menjadi juara umum.

“Tahun 2021 ini Alhamdulillah Lamongan mencapai kejayaannya, meraih juara umum MTQ Ke-29. Seluruh kafilah, Pembina, pendamping serta driver, semuanya memberi kontribusi yang luar biasa. Selamat kepada para juara, yang belum meraih juara masih banyak kesempatan di MTQ berikutnya,” pungkasnya.

Kontingen Lamongan berhasil  keluar menjadi juara umum dengan perolehan 16 medali. Dengan rincian lima medali emas, lima medali perak dan enam medali perunggu. Selain itu, dua cabang musabaqoh berhasil meraih juara harapan 1, empat cabang musabaqoh berhasil meraih juara harapan 2 dan dua cabang musabaqoh masuk juara harapan 3 diajang MTQ Ke-29 yang diselenggarakan di Kabupaten Pamekasan sejak tanggal 2-10 November 2021.