Mei

09

 2023

Dukung Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Hobi Bonsai

 prokopim
 657
 09-Mei-2023

Lamongan, Prokopim - Berberapa hobi saat ini erat kaitannya dengan ekonomi kreatif yang sedang marak digerakkan di Indonesia, salah satunya yakni hobi terkait tanaman bonsai. Bonsai yang merupakan bentuk tanaman atau pohon yang dikerdilkan dalam sebuah pot dengan tujuan sebagai miniatur bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam ini, memiliki peluang usaha ekonomi kreatif bagi masyarakat.


Diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka Pameran Bonsai dan Kontes Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) Lamongan, Selasa (9/5) di Alun-alun Lamongan, kegiatan ini merupakan wujud usaha bersama antar pemerintah dengan berbagai pihak termasuk komunitas untuk mendorong peningkatan ekonomi kreatif juga kesejahteraan keluarga. Dimana hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian daerah.


"Bonsai ini termasuk dalam salah satu bagian dari ekonomi kreatif, dimana ekonomi kreatif ini merupakan salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi nasional yakni sekitar 5,76 persen, yang artinya kontribusinya melebihi sektor pertambangan. Lamongan terus mendukung, karena ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Ekonomi kreatif ini sekarang berdekatan dengan hobi, berdekatan dengan keinginan milenial, yang sekarang terus kita fasilitasi khususnya di Kabupaten Lamongan ini," ucap Pak Yes.


Dilaporkan Erfan Hadi Perwakilan PPBI Lamongan, pameran bonsai bertajuk 'Simphony Bonsai' yang digelar ini diikuti oleh peserta dari bursa bonsai yang terdiri dari 7 stand, mewakili dari kolaborasi Situbondo, Sumenep, Malang, Batam, Surabaya, Lamongan, dan Jombang. "Untuk kontes bonsai ada 4 kelas yakni utama, madya, pratama, dan prospek. Di kelas utama ada 32 peserta, kelas madya ada 37, pratama 187, dan prospek angka 450. Jadi peserta kita kali ini ada di angka 706 peserta," lapornya.


Dari 706 pohon bonsai yang diikutkan dalam pameran, diperoleh bonsai sebagai best in show juga best in class utama berjenis Pohon Sancang milik Andri Bastian dari Prambon Sidoarjo. Pohon yang dibelinya sekitar 2 tahun lalu dengan harga sekitar Rp. 200 juta (70 persen jadi) ini telah mendapatkan 3 kali predikat best in show, yang pertama di Pameran Nasional Sragen tahun 2022, Semarang  2022, dan kali ini di Lamongan tahun 2023.


"Perawatannya ini kita harus memahami botani pohon, kemudian karena dia hidup di dalam pot maka harus kita sesuaikan kebutuhan makanannya, jadi harus kita jaga biasanya kalau sudah terlalu rapat dia harus dikurangi ranting-rantingnya, akarnya juga sama jadi setiap berapa bulan sekali kita copot dari potnya dan kita kurangi. Ini terakhir kemarin ada kolektor menawar Rp. 850 juta, dulu beli diangka Rp. 200-an juta, sudah hampir 2 tahun," tutur Andri Bastian.


Selain bonsai milik Andri Bastian, bonsai Pohon Santigi milik Julianto asal Surabaya juga keluar sebagai pemenang best in class madya, juga Pohon Santigi milik Harmes Surabaya sebagai best in class pratama, serta banyak kategori lainnya seperti kategori best in size small pratama, dan best ten di masing-masing kelas. Pameran Bonsai dan Kontes Nasional se-Jawa Bali yang digelar sejak 2 hingga 14 Mei ini dilaksanakan pula dalam rangka Hari Jadi Lamongan ke 454 Tahun. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023