BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Pelayanan Gratis Hingga Pasar Murah Meriahkan Bakti Sosial di Kecamatan Laren

Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Bakti Sosial yang menyediakan berbagai pelayanan gratis, bantuan sosial, hingga Operasi Pasar Murah, Senin (26/2), di Balai Desa Laren, Kecamatan Laren. Bakti Sosial ini merupakan bagian rangkaian Peringatan 3 Tahun Kepemimpinan Yuhronur Efendi dan Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan.


Dalam sambutannya, Bupati YES mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kepercayaan yang diberikan, sekaligus rasa syukur karena di tengah berbagai persoalan yang dihadapi, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mampu menorehkan prestasi.

“Alhamdulillah tiga tahun pemerintahan di tengah dinamika yang ada dengan berbagai persoalan, kita semua dapat melaksanakan tugas-tugas amanat pembangunan yang kita tuangkan di RPJMD secara on the track, bahkan melampaui target. Kita terus berusaha meneruskan program yang merupakan janji politik kami, yang kita tuangkan ke dalam 11 program kerja,” ungkapnya.


Terdapat berbagai pelayanan yang diberikan gratis pada acara ini, di antaranya adalah layanan administrasi kependudukan, perpustakaan digital, perizinan, tera dan halal MUI, konseling gizi, konseling keluarga berencana, konseling dengan psikolog, hingga layanan oleh dokter spesialis anak dan spesialis penyakit dalam. Selain itu, juga dibagikan 1.000 makanan gratis. Tak heran, Bakti Sosial ini mampu menarik minat warga Laren dan sekitarnya untuk datang dan meramaikan.


Setelah kemarin hadir di Lamongan Kota, Operasi Pasar Murah juga turut diadakan pada Baksos di Kecamatan Laren ini sebagai upaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok. Yang disediakan di antaranya, beras dengan harga Rp51.000 per 5 kg, gula dengan harga Rp15.000 per kg, dan minyak goreng dengan harga Rp11.000 per liter.


Bantuan Sosial juga diberikan kepada sejumlah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), yakni kepada LKSA Nurul Huda dan LKSA Al-Furqon, masing-masing sebesar Rp13.500.000. Tak hanya itu, Pemkab Lamongan juga menyerahkan sertifikat wakaf kepada beberapa Lembaga Masyarakat, di antaranya Perserikatan Muhammadiyah Desa Solokuro, Perkumpulan NU Desa Latukan, Perkumpulan NU Desa Kendalkemlagi, Muhammadiyah Desa Keduyung, dan Perkumpulan NU Ranting Tamanprijek.


Salah satu capaian kepemimpinan Pak YES yang mendapat sorotan adalah keberhasilan dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Nursuliantoro, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lamongan, mengapresiasi capaian PTSL Kabupaten Lamongan yang sangat tinggi bahkan masuk kategori terbanyak di antara kabupaten lain di seluruh Indonesia.


“Terima kasih atas dukungan Bupati beserta jajaran dalam pembebasan biaya 0 bebas BPHTB, sehingga PTSL Lamongan menjadi percontohan nasional. Kanwil BPN Jatim juga telah memberi apresiasi, dan akan mendapat penghargaan PTSL terbaik dan terbanyak se-Indonesia,” tuturnya.