Februari

14

 2024

Sidak Hari Pencoblosan, Pak Yes : Partisipasi Pemilih Lamongan Meningkat

 prokopim
 112
 14-Februari-2024
 Melaksanakan sidak ke beberapa TPS di beberapa kecamatan pada Rabu (14/2), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan bahwa dari sampel TPS yang telah dilakukan sidak, jumlah kunjungan pemilih yang turut berpartisipasi dalam Pemilu di Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan. Meski masih terdapat beberapa hasil suara yang tidak sah, menurut Pak Yes hal tersebut kemungkinan dapat terjadi karena banyaknya pilihan calon serta kertas suara yang cukup lebar, namun demikian dapat dipastikan pelaksanaan proses pungut suara ini berjalan dengan baik di Lamongan.

"Tadi ada beberapa TPS dari beberapa kecamatan yang kita kunjungi, rata-rata sudah selesai dalam tahap perhitungan calon presiden, dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Kita lihat juga tingkat partisipasi atau kehadiran rata-rata lebih besar dari 5 tahun yang lalu, belum dihitung secara total, tapi dari beberapa yang kita lihat semuanya di TPS-TPS ini ada kenaikan tingkat kunjungan atau partisipasi pemilih. Tadi ada beberapa suara tidak sah juga, yang bisa jadi mungkin karena kekuranganpahaman, karena lebar-lebar," ungkap Pak Yes.

Ditambahkan Pak Yes, sempat terjadi kekurangan logistik surat suara di salah satu TPS, namun hal ini secara sigap telah dapat diatasi.

"Terkait logistik ada laporan kekurangan tadi, tapi sudah bisa diatasi oleh Petugas KPPS ditempatnya, selain itu belum ada temuan-temuan lain, tapi sementara kita sudah bisa diatasi langsung, ada 1 tps td kekurangan surat suara untuk presiden," tambah Pak Yes.

Guna melakukan pengecekan jalannya pelaksanaan Pemilu, partisipasi masyarakat, dan proses penghitungan dalam Pemilu tahun 2024 ini, Pak Yes melakukan sidak ke 5 TPS di 5 kecamatan. Adapun kelima TPS ini yakni TPS 01 Desa Nguwok Kecamatan Modo (TPS Unggulan, mengikuti lomba TPS tingkat Polda) dengan tingkat kehadiran 90 persen dari jumlah DPT 274 pemilih, TPS 17 Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang (terminal Ngimbang) dengan partisipasi 82 persen dari 234 DPT, TPS 01 Desa Tugu Kecamatan Mantup (TPS yang ikut Lomba tingkat Polres) dengan partisipasi kehadiran 89 persen dari 274 DPT, TPS 07 Desa Puter Kecamatan Kembangbahu (setelah pasar Puter) dengan tingkat kehadiran 84 persen dari 220 DPT, serta TPS 10 Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung (selatan SPBU Tikung) dengan kehadiran 91 persen dari 235 DPT. (dir)
PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023