Desember

29

 2023

Toserba Sunan Drajat Lebarkan Sayap, Buka Cabang di Gresik dan Tuban

 prokopim
 564
 29-Desember-2023

Lamongan, Prokopim- Setelah sukses menghadirkan toko serba ada dengan harga terjangkau bagi masyarakat, Toserba milik Pondok Pesantren Sunan Drajat Kabupaten Lamongan yang resmi berdiri tahun lalu, kini tengah melebarkan sayapnya. Tidak tanggung-tanggung, Toserba dengan nama Tobaku Halal Toserba Ponpes Sunan Drajat ini langsung membuka empat cabang sekaligus hingga ke kabupaten tetangga.


Keempat lokasi Tobaku Halal yakni di Kecamatan Kalitengah dan Babat Kabupaten Lamongan, Cabang Palang Kabupaten Tuban dan Cabang Sekapuk Kabupaten Gresik.


Membuka Grand Opening Tobaku Halal Toserba Pesantren Sunan Drajat Cabang Kalitengah-Babat-Palang-Sekapuk bersama Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Ita Rulina dan Pengasuh Ponpes Sunan Drajat KH. Abdul Ghofur di Halaman Toserba Ponpes Sunan Drajat Paciran, Jumat (29/12/2023), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap keberadaan Toserba Sunan Drajat menjadi inspirasi koperasi-koperasi di Lamongan. 


"Syukur dan bangga saya bisa hadir ditengah momen membahagian ini untuk memberikan inspirasi kepada kita semua bahwa di pesantren ini tidak hanya belajar ilmu agama saja, lebih dari itu, ditangan beliau (KH Abdul Ghofur) perekonomian bisa dikelola dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa," terang Pak Yes. 


Melalui Grand Opening ini pula, mengabarkan kepada semua bahwa perekonomian Lamongan semakin bangkit. Berdasarkan data BPS tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Lamongan meningkat menjadi 5,56 persen.


"Mudah-mudahan pertumbuhan tobaku ini akan besar dan menjadi saluran distribusi untuk sektor yang menjadi andalan masyarakat Lamongan yakni sektor pertanian, perikanan dan perkebunan. Sehingga kehadirannya yang ada di mana-mana ini semakin berkontribusi meningkatkan perekonomian," tuturnya. 


Melihat keberhasilan pondok pesantren dalam mengembangkan perekonomian pesantren, Direktur DEK Syariah Bank Indonesia, Ibu Ita Rulina, mengaku bangga dan berharap Indonesia menjadi industri halal dunia. 


"Melihat cara mengelola toserba pondok pesantren yang bekerjasama dengan BI, LPDB dan Pemda Lamongan yang bersinergi berjamaah ini semoga Tobaku Halal semakin meluas. Saya yakin, Indonesia bisa menjadi industri halal dunia," ucap Rulina.


Sementara itu, pengasuh Ponpes Sunan Drajat KH Abdul Ghofur mengaku bersyukur lantaran dapat mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren melalui peresmian toserba ini. Melalui kemandirian ekonomi ponpes Sunan Drajat akan semakin banyak membantu melatih santri menjadi enterpreneur.


"Kami berharap Tobaku Halal Toserba Pondok Pesantren Sunan Drajat dapat menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi contoh bagi pesantren lain di Indonesia," pungkasnya.


Tobaku Halal yang dikelola dengan sistem koperasi hasil kolaborasi ponpes, Pemkab Lamongan, Bank Indonesia dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementrian Koperasi dan UMKM ini merupakan toserba yang menjual berbagai produk halal, mulai dari sembako, makanan, minuman, fashion, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya yang didominasi produkpesantren. 






PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023