November

27

 2023

Dukung Program Penurunan Stunting, “Mahasiswa” SOTH dan Selantang Lamongan Angkatan 2023 Tuntas di Wisuda

 prokopim
 76
 27-November-2023

Lamongan, Prokopim-Setelah berhasil mewisuda 174 peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan 73 peserta Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) pada kamis lalu, kini Senin (27/11/2023) bertempat di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, sebanyak 214 peserta lulusan SOTH dan 29 peserta Selantang tahap dua juga berhasil diwisuda oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lamongan Anis Yuhronur Efendi. 


Dengan selesainya pendidikan yang dimulai sejak 8 Juni 2023 hingga 10 Oktober 2023 yang bertempat di kantor desa/kelurahan masing-masing tersebut, diharapkan Bupati Yes semakin meningkatkan peran dan fungsi Bina Keluarga Balita (BKB) dalam rangka mendukung program penurunan stunting. 


“Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh ini merupakan program yang di gagas BKKBN Jatim dan dieksekusi oleh PPKB dan PKK Lamongan dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang hebat dan tangguh, karena dalam pembelajarannya memberikan banyak wawasan khususnya dalam menuntaskan stunting. Sehingga ilmu yang didapat ini bisa dipraktekkan dan ditularkan kepada ibu-ibu lainnya dalam menghadapi persoalan dalam membesarkan putra-putrinya” tutur Pak Yes. 


Lebih lanjut, Pak Yes menerangkan, bahwa pembangunan sumber daya manusia menjadi hal yang penting dalam rangka mendukung program penurunan stunting di Lamongan. Karena menurutnya, persoalan-persoalan yang mengakibatkan stunting pada anak tidak hanya bersumber dari makanan yang dikonsumsi tetapi juga pola asuh yang kurang tepat. 

*

“Persoalan-persoalan stunting tidak hanya dari makanan, tapi kadang-kadang dari pola asuh juga bisa mengakibatkan stunting. Antara menuruti gaya hidup dan kebutuhan misalnya, sehingga melalui sekolah SOTH orang tua bisa lebih memprioritaskan kebutuhan dalam membesarkan anak-anak,” terangnya. 

*

Sementara itu, dilaporkan Kepala Dinas PPKB Lamongan Fida Nuraida, wisuda SOTH Angkatan III tahap dua ini diikuti sebanyak 214 peserta yang terdiri dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sekaran, Kecamatan Kalitengah dan Kecamatan Bluluk, serta 29 peserta Selantang dari Kelurahan Sidokumpul Lamongan. 

*

Pada kesempatan tersebut, perwakilan lulusan terbaik SOTH Erna Yunita Sari (36) dari Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah menyampaikan pesan dan kesannya atas dilaksanakan SOTH ini. Erna mengaku SOTH sangat bermanfaat karena banyak sekali wawaran terkait pola asuh balita. “Saya senang karena mengikuti SOTH ini bisa menambah wawasan ilmu, bisa mengetahui pola asuh anak yang baik. Di SOTH juga ada pengetahuan stunting, makanan yang boleh dan tidak, dan Alhamdulillah dengan begitu saya jadi tau dan saya menerapkan ke anak,” pungkasnya.





PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023