November

29

 2023

Maksimalkan Pemanfaatan Pintu Kuro untuk Pengurangan Banjir Lamongan

 prokopim
 85
 29-November-2023

Pengurangan banjir di Lamongan terus diupayakan segera terealisasi. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan perbaikan Pintu Air Kuro di Kabupaten Lamongan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang rencananya akan selesai Desember nanti sebelum memasuki puncak musim hujan.


Melaksanakan sidak peninjauan bersama Sekretaris Dinas PU SDA Jatim Fauzi pada Rabu (29/11) di Pintu Air Kuro Desa Kuro Karangbinangun, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan bahwa rehabilitasi ini dilaksanakan guna memaksimalkan kerja Pintu Kuro. Sehingga dengan pemaksimalan penggunaan Pintu Kuro ini tidak hanya dapat mengurangi genangan di Lamongan ketika musim hujan, melainkan juga mampu menampung air di musim kemarau.


"Kita melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pengerjaan perbaikan Pintu Kuro, jadi ketika banjir kemarin, ini menjadi persoalan, karena Pintu Kuro belum bisa berjalan secara maksimal. Melalui pembangunan ini setidaknya nanti yang biasanya dapat membuang 3 hingga 4 kubik air dengan Pintu Kuro dan pompa air yang ada, insyaallah bisa 10 kubik setelah perbaikan. Beberapa pintu yang rusak juga akan diperbaiki, sehingga nanti berfungsi dengan baik, dengan demikian kita harapkan bisa mengurangi genangan di Kabupaten Lamongan, sekaligus untuk menampung air di musim kemarau," terang Pak Yes.


Ditambahkan Sekretaris Dinas PU SDA Jatim Fauzi, pengerjaan yang dilakukan diharapkan akan dapat selesai sebelum waktu kontrak, mengingat hampir 70 persen kegiatan rehabilitasi berada pada pompa air dan genset yang diperkirakan akan datang pada awal bulan Desember nanti.


"Untuk pengerjaan yang dilakukan sampai hari ini sekitar hampir mendekati 50 persen, dimana 70 persen dari kegiatannya adalah dipengadaan pompa air dan genset, diperkirakan awal bulan Desember sudah datang dan bisa disetting. Kalau sudah datang dan bisa disetting, sudah mulai bisa terlihat dampak dan fungsi dari yang disampaikan Pak Bupati tadi. Penyelesaian akhir kontrak 20 Desember, kami harapkan bisa selesai lebih cepat karena musim hujan dan air dari Bengawan Solo kelihatannya sudah mulai dibuka pada minggu-minggu ini," imbuh Fauzi.


Adapun upaya perbaikan yang dilakukan oleh Pemorov Jatim meliputi rehabilitasi Pintu Kuro Utara, penambahan 3 pompa banjir kapasitas 2.000 liter/detik, dan pembangunan rumah genset Pintu Kuro. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023