November

26

 2023

Menko PMK Dukung Program Pembangunan SDM Lamongan

 prokopim
 156
 26-November-2023

Turut meningkatkan pembangunan sumber daya manusia generasi penerus bangsa di Kabupaten Lamongan, keberadaan Pondok Pesantren Al Munawwarah di Kecamatan Brondong Lamongan kini genap berusia 8 tahun. 


Hadir dalam Resepsi Tasyakuran Peringatan Milad 1 Windu Ponpes Al Munawwarah di Kecamatan Brondong Lamongan, Minggu (26/11/2023), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi pentahelix yang dilakukan Ponpes Al Munawwarah dalam meningkatkan sumber daya manusia. 


Melalui peringatan Milad 1 Windu yang juga dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy dan para Pimpinan Ponpes Modern Darussalam Gontor ini, juga dinilai Pak Yes sebagai momen yang sangat penting untuk mengabarkan kepada semuanya betapa eksistensi pesantren semakin memberikan kemanfaatan untuk masyarakat. 


"Ditengah-tengah peradaban yang serba cepat ini keberadaan pesantren termasuk Ponpes Al Munawwarah semakin memberi warna dalam memberikan modal spiritual bagi generasi muda tidak hanya generasi Lamongan tapi Indonesia," terangnya. 


Beliau juga menyampaikan, berdasarkan pidato Presiden Jokowi bahwa pada tahun 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka, akan dipenuhi bonus demografi atau Indonesia Emas 2045. Untuk itu, perlunya upaya membekali dan mempersiapkan para calon pemimpin masa depan. Termasuk yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan yang terus mendukung upaya tersebut dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan. 


"Pemerintah Kabupaten Lamongan terus konsen, fokus pembangunan SDM yang dibangun dari pendidikan dan kesehatan.

Alhamdulillah 3 tahun terakhir ini Indeks Pembangunan Manusia Lamongan selalu mengalami progres yang sangat berarti yang dibuktikan dengan IPM Lamongan mencapai 74,02," terang Pak Yes. 


Mendengar penuturan Bupati Yes, Menko PMK Muhadjir Effendy mendukung program pembangunan Bupati Yes yang fokus pada pembangunan SDM. Menurut Muhadjir Effendy, keseimbangan pembangunan SDM dan infrastruktur sangatlah penting, tanpa pembangunan SDM maka pembangunan infrastruktur tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal.


"Seperti yang disinggung Pak Bupati, pada hakekatnya pembangunan itu adalah pembangunan sumber daya manusia, tanpa ada pembangunan SDM maka infrastruktur itu akan mubazir, tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Inilah konsen kita, agar Al Munawwarah bisa tumbuh dan berkembang mencetak generasi emas berbasis pesantren," uajarnya. 


Bahkan saat ini, lanjut Muhadjir, telah lahir UUD pesantren nomor 18 tahun 2019 yang berarti keberadaan pesantren menjadi bagian dari arus utama sistem pendidikan nasional. 


"Sekarang tidak bisa dikatakan bahwa pondok adalah pendidikan pinggiran yang tidak diakui, berdasarkan UUD momor 18 tahun 2019, pendidikan pesantren diakui dan setara dengan pendidikan yang lain. Untuk itu, selain fokus pada pendidikan agama, juga diseimbangkan dengan pelajaran umum. Ini modal kita bersaing dengan lulusan luar ponpes. Dengan keseimbangan ini, saya yakin kader dari pesantren mampu berkompetisi dengan lulusan sekolah umum," pungkasnya. 


Selain menggelar tasyakuran dalam kesempatan tersebut turut diresmikannya Lazizwaf dan peletakan batu pertama pembangunan gedung pesantren. 


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023