Oktober

20

 2023

Kampung Kerapu, Potensi Unggulan Desa Labuhan Lamongan

 prokopim
 116
 20-Oktober-2023

Memiliki potensi bahari yang luar biasa, wilayah utara Lamongan menyuguhkan berbagai kekayaan dan keindahan. Tak hanya wisata panorama, tapi juga kaya akan potensi baharinya. 


Perikanan budidaya misalnya, mata pencaharian yang sangat potensial ini banyak dipilih masyarakat karena peluangnya yang menjanjikan. Seperti di Desa Labuhan Kecamatan Brondong, masyarakat memanfaatkan lahan tambaknya untuk membudidayakan ikan kerapu. Bahkan aktivitas budidaya ini sudah tercatat dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2022 tentang Kampung Perikanan Budidaya, dan terus berkembang hingga tahun ini mampu memproduksi sebanyak 800.652 kg ikan kerapu segar sampai dengan semester pertama 2023.


Diterangkan Camat Brondong Mahfud di hadapan Wabup Lamongan Abdul Rouf saat melaksanakan kunjungan dalam rangka Panen Raya Ikan Kerapu di Desa Labuhan, Jumat (20/10/2023), Kawasan Kampung Krapu di Desa Labuhan sendiri seluas 400 ha, dimana per hektarnya ditanami sebanyak 30.000 benih ikan kerapu. 


"Disini luas lahan budidaya ada sekitar 400 hektar, per petak kami isi 10.000 benih ikan. Jadi 3 petak ini setara 1 hektar dan sudah bisa dipanen 8 bulan kemudian, dalam waktu tersebut beratnya bisa mencapai 0,5- 9 ons, ukuran ini sangat di minati di pasar lokal," terang Mahfud.


Melalui budidaya ini, lanjut Mahfud, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih harga ikan kerapu sangat stabil. 


"Dengan harga rata-rata per kilonya 110 ribu rupiah dalam kondisi hidup. Keuntungannya luar biasa bisa 100 persen karena prospek kerapu sangat menjanjikan," terangnya. 


Mendengar hal tersebut, Wabup Abdul Rouf, mengapresiasi potensi luar biasa yang dimiliki Kampung Kerapu Labuhan. 


"Semakin hari semakin banyak desa di Kabupaten Lamongan yang telah mengetahui potensinya, salah satunya di Desa Labuhan yang mengangkat potensinya yakni ikan kerapu," ucap Rouf


Pak Rouf juga menjelaskan, potensi budidaya ikan kerapu di Kabupaten Lamongan pada semester pertama tahun 2023 sebanyak 800.652 kg dan diharapkan terus mengalami peningkatan melebihi tahun 2022 yakni mencapai 1.355,73 ton. 


Selain membuka festival ikan kerapu dan panen raya, kedatangan Wabup Rouf ke Kampung Kerapu sekaligus menyerap aspirasi pembudidaya yang juga dihadiri ketua HIPELINDO (Himpunan Pemberdaya Ikan Laut Indonesia).



PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023