Oktober

23

 2023

Dialog Kebangsaan IDI, Perkuat Pengabdian untuk Masyarakat

 prokopim
 99
 23-Oktober-2023

Memasuki hari ketiga perhelatan Peringatan HUT ke-73 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Senin (23/10) digelar Dialog Kebangsaan di Aula Gajah Mada Gedung Pemda Lamongan. Dibuka langsung Wabup Abdul Rouf, dialog ini menghadirkan 3 narasumber, di antaranya adalah anggota Komisi X DPR RI Prof. Dr. Zainudin Maliki, M.Si., Ketua PB IDI Dr. dr. Moh Adib Khumaidi Sp.OT, dan Ketua IDI Wilayah Jawa Timur DR. Dr. dr. Sutrisno, SpOG.K.


Ketua Panitia, yang sekaligus Ketua IDI Cabang Lamongan, dr. Budi Himawan, Sp.U., mengaku bangga karena Lamongan terpilih sebagai tuan rumah dalam Peringatan HUT ke-73 IDI, sebab meski Lamongan adalah kota kecil, tetapi memiliki SDM yang unggul. Ia juga menerangkan bahwa dialog kebangsaan ini bertujuan untuk memperkuat pengabdian dokter Indonesia untuk masyarakat. “Dokter Indonesia akan selamanya menjadi dokter rakyat Indonesia,” tegas Budi.


Hadir dan membuka kegiatan, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf mengapresiasi peran dokter Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, yakni kesehatan. Beliau juga menyampaikan tentang beberapa capaian Kabupaten Lamongan dalam pemenuhan hak kesehatan masyarakat, yang juga tak lepas dari kontribusi para dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

“Angka harapan hidup di Kabupaten Lamongan yang mencapai 72.86 dan indeks kesehatan yang berada di angka 0.88 merupakan capaian luar biasa. Hal ini karena beberapa inovasi unit pelayanan kesehatan pada 32 Puskesmas dan 3 RSUD di Lamongan, serta program unggulan Lamongan Sehat, salah satunya Home Care Service yang memberikan layanan jemput bola bagi warga yang sakit tetapi tidak memiliki keluarga dan biaya untuk berobat,” ungkap Wabup Rouf.


Beliau juga menekankan mengenai pentingnya peran Pemerintah Desa dalam menyediakan layanan kesehatan, salah satunya melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). 


“Alhamdulillah saat ini terdapat 1479 Posyandu di Lamongan. Hal ini juga berkat adanya Peraturan Bupati Lamongan Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023 yang mewajibkan setiap desa mengalokasikan anggaran untuk Posyandu. Pemerintah Kabupaten Lamongan juga mendukung dengan diberikannya fasilitas berupa Mobil Sehat untuk 474 desa/kelurahan di Lamongan sehingga masyarakat yang butuh rujukan ke rumah sakit tidak perlu khawatir lagi,” tambahnya.


Menutup sambutannya, Wabup Rouf berharap berbagai kegiatan dalam rangkaian Peringatan HUT ke-73 IDI dapat meningkatkan kedekatan masyarakat dengan pelayanan kesehatan. 


“Semoga acara berjalan dengan lancar dan mampu memberi manfaat untuk kita semua, serta dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023