Oktober

25

 2023

Lamongan Terima Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik katagori Pemenuhan Capaian Akses Sambungan Air Minum di Daerah

 prokopim
 85
 25-Oktober-2023

Atas komitmen dalam memenuhi dan memperluas akses kebutuhan air minum bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lamongan menerima penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik katagori Pemenuhan Capaian Akses Sambungan Air Minum di Daerah Program National Urban Water Supply Project (NUWSP) yang diserahkan Direktur SUPD I Ditjen Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri Ir. Suprayitno dan diterimakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Moch. Nalikan dalam acara Lokakarya Praktik Baik di Wyndham Hotel Surabaya, Rabu (25/10/2023). 


Program NUWSP merupakan program nasional untuk mendukung pembangunan penyediaan air minum perkotaan dengan pembiayaan investasi yang inovatif dan efektif. Melalui NUWSP ini diharapkan terjadi percepatan pelaksanaan program-program perluasan cakupan pelayanan dan peningkatan kapasitas daerah (Pemda dan PDAM) dalam penyelenggaraan SPAM secara berkelanjutan. 


Berdasarkan data dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lamongan, Selain memaksimalkan pelayanan dari PDAM, Pemkab Lamongan juga bekerjasama dengan National Urban Water Supply Project (NUWSP) dimana capaian Peningkatan Kualitas Layanan telah melampaui target yakni 3.000 Sambungan Rumah (SR) atau 200 persen dari target yang telah di tetapkan. Sedangkan Pengemban SR Baru hingga Oktober 2023 telah mencapai 2.393 SR yang tersebar di wilayah Made, Pucuk, hingga Babat. Bahkan dengan layanan ini peningkatan debid tekanan air dapat diakses 24 jam. 


Selain program NUWSP, Pemkab Lamongan juga bekerjasama dengan berbagai pihak dalam pemenuhan air minum seperti PDAM Lamongan sebanyak 28.961 SR, Perum Jasa Tirta (PJT) Sebanyak 4.258 SR, Hibah Air Minum Perdesaan (HAMP) sebanyak 95.341 SR, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sebanyak 37.060 SR yang tersebar di berbagai wilayah di Lamongan. 


Sementara itu sebagai bentuk percepatan pencapaian target sambungan rumah, Pemkab Lamongan melalui PDAM Lamongan juga bekerjasama dengan para pengembang/developer perumahan dalam penyambungan. 


Sekda Lamongan Moh. Nalikan usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya lokarya ini, dimana dalam diskusi tersebut memberikan banyak wawasan terkait perencanaan maupun pelayanan air minum dan sanitasi kepada masyarakat.  


"Saya menyambut baik terselenggaranya lokakarya pada hari ini, terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada kami Pemkab Lamongan. Ini menjadi motivasi kami dalam rangka kebutuhan air minum. Banyak juga yang di diskusikan tadi tentu ini memberikan wawasan tentang perencanaan dan pelayanan terhadap pemenuhan layanan dasar. Kita juga terus bekerjasama baik dengan pemerintah pusat, provinsi bahkan kedepan juga dengan pemerintah desa untuk pemenuhan kebutuhan air minum di pedesaan," terangnya. (nry/prokopim)


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023