Oktober

26

 2023

SMP 1 Lamongan Juara 1 Tingkat Nasional Lomba PJAS Aman

 prokopim
 108
 26-Oktober-2023

Iktiar wujudkan keamanan pangan di lingkungan sekolah mengantarkan SMPN 1 Lamongan meraih Juara 1 tingkat Nasional Lomba Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) Aman dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Adapun lomba ini digelar sebagai implementasi pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (GERMAS SAPA) untuk menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas dan partisipasi komunitas sekolah dalam upaya mewujudkan keqmanan pangan bagi anak-anak.


Menerima Audiensi Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Munif Syarif bersama Kepala Sekolah SMPN 1 Lamongan Yayuk Setia Rahayu di Ruang Kerja, Kamis (26/10/2023), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan apresiasinya atas upaya bersama baik kepala sekolah, guru, komite sekolah hingga orang tua yang peduli dengan makanan atau jajanan yang dikonsumsi anak-anak. Selain ikhtiar menjaga kesehatan anak-anak, kepedulian ini merupakan upaya nyata dalam menurunkan stunting di Lamongan. 


“Selamat kepada keluarga besar SMPN 1 Lamongan yang berhasil meraih juara 1 tingkat Nasional lomba Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah Aman BPOM. Dengan diraihnya juara ini, dapat memotivasi sekolah-sekolah di Lamongan agar semakin meningkatkan kualitas jajanan yang dijual di kantin sekolahnya masing-masing. Bahkan upaya ini berseiring dengan apa yang sedang diupayakan pemerintah yakni penurunan stunting di Kabupaten Lamongan,” terang Pak Yes. 


Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Lamongan Yayuk Setia Rahayu usai melakukan audiensi dengan Bupati Yes, mengaku bangga lantaran lembaga yang dipimpinnya meraih juara 1 Nasional. Menurutnya ini tak luput dari usaha sekolah dalam menghadirkan jajanan kantin yang bernilai gizi seimbang. 


Dalam usahanya menyediakan jajanan yang sehat dan aman dikonsumsi untuk anak-anak, Yayuk bahkan terus mensosialisasikan standar

 jajanan bergizi kepada para pedagang di luar kantin sekolah.


“Jajajan yang di jual di kantin sekolah selain ada sertifikat halalnya, juga sudah memiliki izin edar BPOM, bahkan telah lulus uji tes laboratorium sehingga mengetahui pewarna makanan yang digunakan aman dikonsumsi. Termasuk mensosialisasikan kepada para pedagang di luar sekolah juga,” lanjutnya. 


Selain mensosialisasikan pedagang di luar lingkungan sekolah, pihak sekolah juga turut mensosialisasikan kepada sekolah-sekolah disekitar SMPN 1 Lamongan agar kantin sekolah turut menjual jajanan bergizi dan sudah mendapat izin edar BPOM.                                                                          

“Kami berupaya setidaknya sekolah-sekolah dilingkungan SMPN 1 Lamongan juga menjual jajanan yang bergizi dan seimbang,” pungkasnya. 


Sebelumnya, Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah dari BPOM telah diserahkan di Jakarta pada Kamis (19/10/2022) lalu.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023