Oktober

28

 2023

95 Tahun Sumpah Pemuda, Capaian IPP Lamongan Lebih Tinggi dari Jatim dan Nasional

 prokopim
 86
 28-Oktober-2023

Peringatan Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober merupakan momentum yang penuh makna sekaligus pengingat bagi semua terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme dan menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu, 'Bertumpah Darah Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, dan Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia'.


Untuk itu, sebagai refleksi bersama, tepat pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Alun-alun Lamongan, dan bertindak menjadi Inspektur Upacara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. 


Pak Yes dalam amanatnya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para pemuda, khususnya pemuda Lamongan dimanapun berada yang selama ini telah membersamai pemerintah dalam menghadirkan pelayanan, mengimplementasikan pembangunan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat. 


"Sebagai wujud komitmen terhadap pembangunan pemuda, Pemerintah Kabupaten Lamongan memaktubkan dalam misi kedua RPJMD tahun 2021-2026 yakni mewujudkan SDM unggul, berdaya saing, dan berakhlak yang responsif terhadap perubahan zaman. Dimana kami senantiasa mengimplementasikan berbagai program prioritas dengan program kepemudaan yakni Perintis, Prestasi Pemuda dan Olahraga hingga Megpreneur," ucap Pak Yes. 


Atas berbagai sinergi tersebut, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kabupaten Lamongan tahun 2022 mencapai angka 59, 17. Dimana capaian ini lebih tinggi dari Jawa Timur yakni 56,33 dan Nasional yakni 55,33. 


"Alhamdulillah IPP Kabupaten Lamongan tahun 2022 mencapai angka 59, 17 lebih tinggi dari Jatim (56,33) dan Nasional (55,33). Kita tahu IPP ini merupakan tolak ukur yang ditetapkan secara nasional untuk melihat kualitas penyelenggaraan pelayanan dan pembangunan pemuda di lima domain, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta domain gender dan diskriminasi," terang Pak Yes. 


Dalam kesempatan tersebut, Pak Yes juga menyampaikan poin penting pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo. 


"Mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” Menpora mengajak pemuda memiliki visi dan misi mengambil peran strategis dan dapat berlari lebih cepat menyongsong Indonesia emas 2045," pungkasnya.


Pada upacara yang dihadiri jajaran Forkopimda Lamongan itu, Pak Yes turut menyerahkan penghargaan kepada pemuda pelopor diberbagai bidang. 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023