Agustus

23

 2023

Capai Deviden 4,1 Milyar, Fraksi DPRD Lamongan Apresiasi Kinerja BUMD

 prokopim
 244
 23-Agustus-2023

Bertempat di ruang Paripurna DPRD Lamongan, Rabu (23/8/2023), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2023. 


Perubahan formasi ini tak lepas dari peningkatan PAD sebesar Rp. 239.748.455.300 yang berasal dari pendapatan transfer hingga deviden BUMD yang melampaui target. Sehingga APBD Lamongan TA 2023 menjadi Rp. 3.475.833.999.000. 


Atas kinerja positif tersebut, berbagai fraksi DPRD Lamongan menyampaikan apresianya. Seperti yang disampaikan Fraksi Partai Demokrat dalam dokumen yang diserahkan kepada ketua DPRD Lamongan, bahwa pihaknya mengapresiasi pemerintah daerah atas kinerja BUMD Lamongan yang diestimasikan memberikan deviden sebesar 4,1 milyar. 


"Kami Fraksi Partai Demokrat mengapresiasi kepada pemerintah daerah atas kinerja BUMD yang diestimasikan memberikan deviden sebesar Rp. 4.166.983.500 atau mengalami peningkatan sebesar 108,35 persen dari target yang ditetapkan yakni 2 milyar rupiah," tulisnya dalam dokumen Pandangan Umum Fraksi-Fraksi. 


Hal senada juga diterangkan Fraksi Partai Amanat Nasional, bahwa pihaknya mengapresiasi positif terhadap peningkatan target pendapatan daerah hampir di semua komponen mencapai 7,41 persen. "Kami menilai masih bisa dioptimalkan dengan menekan tingkat kebocoran dalam mata rantai pemungutan pajak dan retribusi daerah. Di samping secara periodik melakukan diagnose komprehensif terhadap kondisi kesehatan BUMD yang diharapkan dapat mendongkrak kinerja maka harus ada target yang terukur secara kuantitatif sebagai indikator keberhasilan," tulisnya. 


Meski pendapat daerah meningkat, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Fraksi Partai Gerindra berharap, agar PAD masih perlu ditingkatkan dan dioptimalkan sehingga tahun demi tahun pendapatan daerah bisa terus semakin dinaikkan lagi. 


Sementara itu, seiring dengan meningkatnya pendapatan daerah, belanja daerah menunjukkan angka kenaikan. Oleh karenanya, Fraksi Persatuan Nasional Rakyat Indonesia dan Fraksi Partai Golongan Karya mengharapkan adanya peningkatan kualitas belanja, agar setiap pengeluaran pemerintah memberikan dampak yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat. 


"Komitmen dan partisipasi aktif seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan harus menjadi garda terdepan dalam peningkatan kualitas belanja daerah," pungkas Fraksi FPNRI dalam dokumen pandangan umumnya. 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023