Agustus

20

 2023

Lapas Lamongan, Lapas Pertama Indonesia yang Memiliki Proklim

 prokopim
 176
 20-Agustus-2023

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Kemenkumham yang ke-78, Lapas IIB Lamongan melaksanakan kegiatan Pencanangan Program Kampung Iklim (Proklim) Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) dan Lomba Burung Berkicau Kalapas Cup, pada Minggu (20/8) di Halaman Lapas Lamongan. Pencanangan Lapas Proklim ini sekaligus menjadikan Lapas Lamongan sebagai Lapas pertama di Indonesia yang memiliki Program Kampung Iklim.


Pembina Lingkungan Tingkat Nasional Bambang Irianto yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa dalam perjalanannya sebagai pembina lingkungan dan telah melanglang buana ke berbagai provinsi di Indonesia, Baru kali ini dirinya mendengar dan melihat adanya Lapas Proklim.


"Baru kali ini saya mendengar dan melihat ada sebuah Lapas yang mempunyai program Lapas Proklim, setahu saya satu-satunya di Indonesia ada program seperti ini tentu Lapas Lamongan. Saya sangat tertarik dan perkembangannya Ditunggu oleh kalangan aktivis lingkungan di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan inspirasi ini akan berhasil dengan kolaborasi semua pihak. Saya berharap, saya menaruh apresiasi pada Bapak Bupati Lamongan yang telah menggerakkan kampung-kampung iklim di Kabupaten Lamongan, tentu ini akan bisa berhasil kalau juga didukung berbagai stakeholder di Lamongan," ucap Bambang Irianto


Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim Imam Jauhari mengatakan, bahwa seluruh kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan pembinaan kepada masyarakat yang mengalami permasalahan hukum, juga masyarakat di sekitar Lapas. Adanya lomba kicau burung juga pencanangan Lapas Proklim inisiasi Kalapas Lamongan Mahrus dengan Pembina Lingkungan Bambang Irianto diharapkan akan mampu memberikan bekal pada binaan, agar ketika keluar dari Lapas tidak kembali melakukan pelanggaran pidana.


"Memang ada beberapa warga binaan yang sudah melestarikan dan memelihara burung berkicau sehingga misalnya nanti sudah keluar mereka punya keahlian dan bisa memanfaatkan keahliannya dengan baik, sebagai bekal. Di samping itu tadi juga sudah diresmikan Pro clean yang ini semua adalah dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan kita," ujar Kakanwil Imam Jauhari.


Bupati Yuhronur Efendi sangat mengapresiasi inisiasi Kalapas Lamongan, dimana program ini adalah program yang berseiring dengan program-program yang dilakukan Lamongan dalam rangka menjaga pelestarian lingkungan.


"Ini sebuah inovasi yang sangat luar biasa, tentu berseiring dengan apa yang terus kita kembangkan dalam rangka perbaikan lingkungan dan juga menjaga lingkungan. Kolaborasi sangat diperlukan, sebagai bentuk dukungan kami akan membantu dari sisi pemasaran, sehingga produk warga binaan yang memiliki kualitas sama dengan produk lain diluaran tapi memiliki harga yang lebih murah ini, dapat semakin diterima di pasaran," kata Pak Yes.


Dilaporkan Kalapas Lamongan Mahrus, kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Sahabat Kicau Indonesia, diikuti lebih dari 600 peserta dengan berbagai kategori lomba. Selain dalam rangka memperingati Hari Lahir Kemenkumham, kegiatan ini juga diharapkan membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup, pariwisata dan perekonomian masyarakat atau UMKM, serta menjadikan Lapas Lamongan sebagai bagian dari Kampung Proklim guna menyikapi perubahan iklim.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023