DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Sediakan 2.880 Paket Sembako, Pasar Murah Safari Ramadhan Lamongan Diserbu Pembeli

Lamongan, Prokopim - Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam menstabilkan harga sembako juga menjaga ketersediaan pangan selama Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 H, melalui kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Lamongan yang dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan menggelar pasar murah. Ditinjau secara langsung oleh Bupati Yuhronur Efendi, 480 paket sembako yang disiapkan dalam Safari Ramadhan yang digelar di Masjid Al Jihad Desa Payaman Kecamatan Solokuro pada Rabu (12/4) ini, ramai diserbu pembeli.



Kepala Disperindag Lamongan Anang Taufik mengungkapkan bahwa Pasar Murah yang telah dan akan dilaksanakan di 6 titik lokasi ini akan dioptimalkan, dan dilaksanakan secara masif. Jikapun terdapat paket yang tidak terserap karena kendala tertentu (hujan misalnya), beliau mengatakan Disperindag masih welcome menerima permintaan susulan.

"Pasar murah ini kita adakan dalam rangka tidak hanya Safari Ramadan, jelang Lebaran, Hari Natal, dan Tahun Baru, tapi juga jika terjadi gejolak yang kaitannya dengan ketersediaan dan stabilitas harga sembako yang naik. Saya berharap dalam situasi yang seperti ini memang biasanya ada hal-hal tertentu yang berkaitan dengan harga bahan pokok, alhamdulilah Lamongan mudah-mudahan aman sampai nanti Hari Raya, sehingga masyarakat bisa tenang menikmati Hari Raya," kata Anang Taufik.

Berdasarkan data dari Disperindag Lamongan, jumlah paket sembako pasar murah pada Ramadhan kali ini meningkat dari 1.950 paket yang disebar di 5 titik pada tahun 2022, menjadi 2.880 paket yang disebar di 6 titik di tahun 2023. Dibandrol dengan harga Rp. 90.000 untuk paket sembako lengkap dengan isi 5 kg beras, 2 kg gula, 2 liter minyak, dan 4 pcs mie instan, paket ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Tutik warga Solokuro yang ikut mengantri membeli paket sembako pasar murah. "Ya bagus, membantu, harganya lumayan murah. Semoga lebih sering-sering, tidak hanya di Bulan Ramadhan," ucapnya.