DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 25 Februari 2024

Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Operasi Pasar Murah sebagai upaya mengendalikan harga kebutuhan pokok

Kendalikan Harga, Pemkab Lamongan Gelar Operasi Pasar Murah

Lamongan, Prokopim - Sebagai upaya mengendalikan harga kebutuhan pokok, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM), Minggu (25/2), di depan Pendopo Lokatantra. Pada OPM ini disediakan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dan gula yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Diterangkan Bupati YES, OPM digelar dengan harapan masyarakat dapat terbantu di tengah harga beras yang tinggi. Bupati YES juga mendorong agar OPM dapat terus dilakukan di lokasi yang berbeda.
"Besok akan diadakan juga di Kecamatan Laren, Sukorame, dan beberapa tempat lain. Diharapkan terus memenuhi kebutuhan beras di pasar dengan baik," tambahnya.

Ditambahkan oleh Anang Taufik, Kepala Disperindag Lamongan, pada OPM kali ini disediakan beras SPHP sebanyak 5 ton dan gula sebanyak 1.5 ton.
"Ini kolaborasi dengan Bulog dan PT. Kebun Tebu Mas," imbuhnya.

Masyarakat pun antusias dan berbondong-bondong untuk membeli. Termasuk Anis (47), warga Desa Dlanggu, Kecamatan Deket, yang mengaku senang dengan diselenggarakannya OPM.

"Alhamdulillah, soalnya sekarang beras naik, kalau ada OPM masyarakat bisa beli dengan harga murah. Saya tadi beli beras dan gula. Harapannya, tambah telur atau minyak soalnya barangnya lagi naik semua apalagi menjelang puasa," ucap Anis.

Dengan uang Rp51.000 masyarakat dapat membawa pulang beras sebanyak 5 kg, dari harga pasar Rp15.000 per kg. Sedangkan untuk mendapatkan gula 1 kg, masyarakat cukup membayar Rp15.000, dari harga pasar Rp17.000. (xcl)