KECAMATAN PUCUK

BLT DANA DESA: BUKTI KEHADIRAN NEGARA DI TENGAH PERMASALAHAN RAKYAT.

Senin,15/03/2021
Prediksi tentang dampak pandemi covid-19, terutama di sektor ekonomi bangsa, memang tidak terelakkan.
Akibat pandemi ini, perekonomian masyarakat menjadi menurun, dan untk mengatasi itu Pemerintah Indonesia melakukan refocusing anggaran dari pos anggaran yang ada. Salah satu pos anggaran yang juga di refocusing adalah dana desa.
Kendati beberapa sinyalemen memperlihatkan bahwa kondisi sosial ekonomi masyarakat saat ini dibandingkan dengan krisis ekonomi yang pernah dialami bangsa kita, relatif lebih baik, hal tersebut dibedakan karena sisi kekuatan fundamental ekonomi bangsa saat ini yang memang lebih kokoh dibandingkan krisis sebelumnya. Walaupun demikian, Pemerintah telah membuktikan hadir dan menunjukkan kesigapannya menghadapi krisis sebagai dampak pandemi, diantaranya dengan pemberian program bantuan dan perlindungan sosial yang menjadi jangkar untk mengurangi beban masalah sosial ekonomi masyarakat, satu diantaranya, termasuk BLT dari Dana Desa (DD).
Dana desa merupakan alokasi anggaran on badget yang dapat digunakan langsung untk mendukung upaya mengurangi dampak covid-19 ditingkat rumah tangga dan desa. Sehingga fungsi awal Dana Desa diperuntukkan untuk pembangunan dan pengembangan desa, dialihkan menjadi dana bantuan tunai, yg efektifitasnya berhasil mendongkrak aktivitas ekonomi desa dan menahan laju kemiskinan sebagai dampak pandemi.
Terimakasih dan apresiasinya kepada Kades Pucuk, atas pencairan BLT di desa Pucuk Kec. Pucuk.