BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Bupati Yes Sambut Baik Program Pendampingan Ketahanan Pangan di Lamongan

Memiliki penduduk dengan mayoritas bekerja di sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengupayakan kemajuan di bidang pertanian. Untuk itu, melalui Rapat Koordinasi dengan Tim Patriot Pangan Kampus Merdeka yang dipimpin IPB University bersama 15 universitas ternama Indonesia di Ruang Command Center Pemkab Lamongan, Jumat (19/4), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyambut baik program pendampingan ketahanan dan kedaulatan pangan yang digaungkan kampus merdeka di Kabupaten Lamongan.


Menurut orang nomor satu di Lamongan tersebut, pendampingan yang dilakukan para ahli tentu tidak hanya berdampak baik di bidang pertanian, lebih dari itu juga akan meningkatkan kesejahteraan petani.  


“Tentu kami senang dan bangga atas berbagai upaya para pakar di bidang pertanian yang ingin mensukseskan pertanian di Lamongan. Pemkab Lamongan selama ini juga sudah bekerjasama dengan beberapa kampus di berbagai bidang. Termasuk Sekolah Peternakan Rakyat dari IPB yang berhasil dikembangkan dan kami berharap ini akan terus dikembangkan lebih besar lagi, termasuk yang saat ini di bidang pertanian tentu kami menyambut baik program besar ini,” ucap Pak Yes.  


Dihadapan Bupati Yes, Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengungkapkan, melalui program pendampingin ketahanan dan kedaulatan pangan nasional bersama universitas terkemuka di Indonesia seperti UGM,UNAIR, ITS, UNESA, UNTIRTA, UNMUL, UNEJ, UB, UNHAS, UNPAD, UNG, UNPATTI hingga UNTAN berkomitmen akan melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka peningkatan kedaulatan, ketahanan dan pengembangan cadangan pangan seperti yang baru saja dilakukan yakni panen padi bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kecamatan Kedungpring dengan mengembangkan inovasi varietas padi IPB 9 Garuda (IPB9G). 


“Berdasarkan arahan Menteri Pertanian bahwa masing-masing universitas yang punya Fakultas Pertanian mendukung untuk ketahanan pangan. Seperti pengembangan varietas baru padi jenis IPB 9 Garuda yang baru saja dilakukan tadi. Selain itu juga pengembangan masyarakat di sekitar universitas,” terangnya.


Prof Arif juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Lamongan yang responsif menanggapi kerjasama ini, selain kerjasama bidang pertanian di Lamongan, IPB juga telah melakukan perjanjian di bidang peternakan yaitu Sekolah Peternakan Rakyat yang sudah berkembang di Lamongan.


“Terima kasih Pak Bupati atas sambutan baiknya, semoga apa yang telah kita lakukan semakin berkelanjutan dan berdampak baik untuk masyarakat Lamongan. Selain SPR yang telah berhasil di tiga lokasi ini, pengembangan padi varietas IPB9G ini juga berhasil. Saya kesini mengajak para rektor yang lain untuk melihat sendiri hasil kerjasama pertanian yang telah terjalin bersama Pemkab Lamongan,” tukasnya.  


Sebelumnya, Bupati Yes bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan para rektor yang tergabung dalam kampus merdeka pangan juga melakukan panen padi varietas IPB 9 Garuda (IPB9G) di Kecamatan Kedungpring yang memiliki karakteristik khusus yakni hemat pupuk dan air sehingga mampu bertahan di segala cuaca.