BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Bupati Yes Apresiasi Kiprah Pilar Sosial Kabupaten Lamongan

Lamongan, Prokopim-Menghadiri acara Sapa dan Pembinaan Pilar-Pilar Sosial Se-Kabupaten Lamongan di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (3/4), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengapresiasi kiprah pilar sosial Kabupaten Lamongan selama ini. Menurutnya, pilar-pilar sosial tidak hanya menyalurkan bantuan tetapi agen transformasi nilai-nilai pemberdayaan dan kemandirian. 


"Kami menyampaikan terima kasih atas kerja keras pilar sosial selama ini, sehingga masyarakat yang mengalami kesulitan dalam bidang kesejahteraan dapat ditolong. Kalian semua tidak hanya menyalurkan bantuan kepada masyarakat, lebih dari itu kita mentransferkan nilai-nilai pemberdayaan dan nilai-nilai kemandirian sehingga masyarakat bisa bangkit ke status sosial yang lebih mandiri," ucap Pak Yes. 


Dihadapan para peserta pilar sosial yang diselenggarakan Dinas Sosial Kabupaten Lamongan, Pak Yes juga menyampaikan rilis BPS Lamongan, dimana kemiskinan di Kabupaten Lamongan pada tahun 2023 berhasil turun diangka 12,42 persen.


"Angka kemiskinan tahun 2023 menjadi 12,42 persen, mengalami penurunan sebesar 0,11 persen dari tahun 2022 diangka 12,53 persen. Meski belum mencapai yang kita harapkan, ini prestasi luar biasa kita bersama. Karena kita tahu, untuk menurunkan kemiskinan ini butuh effort yang luar biasa, butuh berbagai kebijakan maupun program-program yang tidak mudah. Untuk itu dengan penurunan ini saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan teman-teman pilar sosial," lanjutnya. 


Sementara itu, disampaikan Kepala Dinas Sosial Farah Damayanti Zubaidah, kegiatan yang diikuti 600 peserta yang terdiri dari Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK, perwakilan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Taruna Siaga Bencana (Tagana), hingga pendamping difabel ini merupakan bentuk silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan. 


"Pertemuan ini merupakan silaturahmi kita agar semakin terjalin tali persaudaraan. Sehingga dalam bekerja senantiasa memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Dinsos sangat berkaitan erat dengan pilar sosial," terangnya. 


Kegiatan yang dihadiri Wabup Abdul Rouf, Sekda Moh Nalikan, Direktur BDL Lamongan dan Direktur Bank Jatim Cabang Lamongan tersebut juga turut menghadirkan motivator sekaligus dosen Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Nafis Zubaidi.