BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Lamongan Masuk Nominasi 5 Besar iBangga Award 2024

Lamongan, Prokopim-Kabupaten Lamongan pada tahun 2024 ini kembali masuk nominasi 5 besar iBangga (Indeks Pembangunan Keluarga) Award yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Hal ini disampaikan Ketua Tim Penilai Lapangan iBangga Award 2024 Sofia Hanik saat berkunjung ke Lamongan dan diterima langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di ruang Command Center Pemkab Lamongan, Senin (1/4).


Penghargaan iBangga sendiri menjadi salah satu indikator penting yang digunakan dalam mengukur keberhasilan upaya pembangunan kualitas keluarga yang dapat diklasifikasikan menjadi status pembangunan keluarga tangguh, berkembang dan rentan.


Menyampaikan paparan pada kegiatan penilaian lapangan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menjelaskan terdapat linearitas 11 program prioritas Kabupaten Lamongan dengan penilaian iBangga. Dimana pengukuran iBangga dilihat melalui tiga dimensi yakni, dimensi ketentraman, dimensi kemandirian dan kebahagiaan.


“Dimensi ketentraman yang terdiri dari kegiatan ibadah, legalitas keluarga, jaminan kesehatan, keharmonisan keluarga yang relevan dengan program Yakin Semua Sejahtera, 100% layanan berkualitas, Lamongan Sehat, dan Perintis (Pendidikan terintegrasi dan gratis). Sedangkan pada dimensi kemandirian meliputi pemenuhan kebutuhan dasar, jaminan keuangan, keberlangsungan pendidikan, kesehatan keluarga, dan akses media online relevan dengan program prioritas Yakin Semua Sejahtera, UMKM naik kelas, Perintis, Lamongan Sehat, 100% layanan publik berkualitas. Kemudian dimensi kebahagiaan terdapat interaksi keluarga dan interaksi sosial yang linier dengan program prioritas Yakin Semua Sejahtera, Perintis, dan Lamongan Sehat,” terang Pak Yes.


Kabupaten Lamongan sendiri pada tahun 2023 menjadi juara 1 tingkat Jawa Timur, untuk itu pada penilaian kali ini Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lamongan Aini Masidah mengupayakan berbagai persiapan, berharap Lamongan dapat mempertahankannya bahkan bisa juara nasional mewakili Jawa Timur nantinya.


Sementara itu, Ketua Tim Penilai Sofia Hanik dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat atas masuknya kembali Kabupaten Lamongan menjadi nominasi dalam iBangga Award 2024.


"Lamongan terbilang pesat perkembangannya, karena penilaian kita pada lomba adalah proses bukan angka yang diraih. Meski begitu nilai iBangga Lamongan tahun 2023 sangat memuaskan yakni 64,8 persen, ini sudah diatas rata-rata nasional yakni 61,8 persen,” pungkasnya.