BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Pak Yes Resmikan Poliklinik II RSUD Dr. Soegiri

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meresmikan Poliklinik II RSUD Dr. Soegiri pada Selasa (23/4) di Aula Gedung Korpri Lamongan. Peresmian Poliklinik ini oleh Pak Yes diharapkan mampu memberikan manfaat dan meningkatkan layanan kesehatan pada masyarakat. Resmi ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Yes, Poliklinik II ini mulai dibangun sejak tahun 2023 dan beroperasi pada Bulan Maret lalu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yes mengapresiasi RSUD Dr. Soegiri Lamongan yang semakin hari semakin meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat. Adanya penambahan Gedung Poliklinik II ini menurut beliau juga merupakan wujud komitmen bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lamongan melalui penambahan sarana dan orasarana kesehatan.

"IPM Lamongan tahun 2023 naik menjadi 75,29 dari 74,02 di tahun 2022. Kenaikan ini salah satunya didukung oleh kenaikan indeks kesehatan maupun usia harapan hidup masyarakat. Saya harap peningkatan-peningkatan ini juga akan diiringi dengan kemampuan tenaga medis yang profesional, ramah dan berintegritas untuk menambah kualitas layanan," harap Pak Yes.

Selain itu dilaporkan Direktur RSUD Dr. Soegiri Lamongan dr. Moh Chaidir Annas, alasan dibangunnya Poliklinik II ini adalah karena adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap RSUD Dr. Soegiri, sehingga kunjungan rawat jalan di RSUD juga semakin meningkat.

"Kunjungan rawat jalan di Poli Layanan Spesialis RSUD Dr. Soegiri tahun demi tahun terus menunjukkan peningkatan, menurut data tahun 2021 jumlah pengunjung rawat jalan tercatat 116.933 pengunjung, meningkat di tahun 2022 menjadi 137.538 pengunjung, dan pada tahun 2023 kemarin tercatat jumlah kunjungan 172.738 pengunjung rawat jalan. Untuk merespon hal tersebut, maka dibukalah gedung layanan Poliklinik II yang terdiri dari dua lantai, harapannya agar pelayanan pasien menjadi lebih nyaman dan mengurai kepadatan," ungkap dr. Annas.

Poliklinik II yang sudah mulai beroperasi ini memberikan layanan untuk poli anak, poli jiwa, poli geriatri, dan poli bedah syaraf di lantai 1, serta layanan poli paru non TB juga poli untuk MCU di lantai 2. Poli MCU sendiri ini sifatnya adalah untuk pelayanan kesehatan non sakit yang digunakan untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatan seseorang, Selain itu untuk melayani permintaan keterangan kesehatan dari instansi pemerintah dan swasta. (dir)