BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Pak Yes Sampaikan Capaian Pembangunan 3 Tahun Kepemimpinannya bersama Pak Rouf

Memperingati 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Puncak Rangkaian Jejak Langkah 3 Tahun Kepemimpinan pada Kamis (29/2) di Bioskop Lamongan Plaza. Pada kesempatan tersebut, Bupati Yes menyampaikan capaian pembangunan yang telah dilakukan bersama Wabup Rouf dalam 3 Tahun Kepemimpinannya.


Dalam jejak langkah 3 tahun kepemimpinan Pak Yes-Bro, kolaborasi dengan berbagai pihak telah berhasil menghadirkan lompatan-lompatan dalam peningkatan angka indeks capaian, penurunan angka pengangguran, kemiskinan, hingga stunting, perbaikan infrastruktur, juga perbaikan dalam pelayanan dasar. Tidak hanya itu, Pak Yes-Bro juga terus mengupayakan adanya pemerataan pembangunan dengan membangun jalan Kabupaten Lamongan sepanjang 97.200 meter, 59.641 meter jalan lingkungan, saluran drainase sepanjang 7.733 meter, membangun kolam retensi dengan kapasitas 25.000 meter kubik, pengadaan pompa, normalisasi atau pengerukan sungai, danau, dan embung secara rutin untuk pengendalian banjir, serta berbagai pemerataan pembangunan lainnya.


Saat ini Lamongan juga memiliki Kawasan Gajah Mada sebagai pusat keramaian baru yang dilengkapi training ground, balai budaya, coworking space, dan RTH. Selain itu, memfasilitasi 9.720 sambungan akses bersih pedesaan, 5.898 untuk perkotaan, 630 saluran rumah pengolah limbah domestik, 1.457 Rutilahu telah dibangun, 55 sarana olahraga, pengelolaan kawasan kumuh dan ratusan ton sampah dengan baik, juga telah menyalurkan 150 milyar lebih dana dusun pada 1.431 dusun di Lamongan.


"Pelayanan prima terus kami akselerasikan, baik itu di bidang kesehatan juga pendidikan. Selain itu, kami juga terus menjaga harmonisasi sosial dengan memberikan insentif pada guru, membayar premi nelayan dan petani tembakau, juga membantu modal usaha pada 230 kepala rumah tangga perempuan, memfasilitasi penerbitan sertifikat tanah SHM, juga turut serta me-rebound perekonomian dengan berbagai gerakan pasca pandemi," ungkap Pak Yes.


Pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga mengajak untuk terus melanjutkan jejak pembangunan Kabupaten Lamongan di tahun 2024, dengan mengambil tema 'Aktivasi Ekosistem Perekonomian untuk Menjaga Ketahanan Ekonomi Masyarakat dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah', dengan fokus meneruskan keberlanjutan pembangunan di tahun 2023 melalui implementasi 11 program prioritas Lamongan.


"Tentu capaian kinerja pembangunan yang positif dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang semakin meningkat, serta prestasi di segala lini yang telah kita raih sepanjang tahun 2021 hingga 2023, menjadi pondasi sekaligus energi besar bagi kita semua untuk membuka lembaran perencanaan pembangunan menyongsong Indonesia emas 2045," imbuh Pak Yes. (dir)