DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 31 Juli 2024

PROGRAM B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) PENDUKUNG PENURUNAN STUNTING DI KABUPATEN LAMONGAN

PROGRAM B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) PENDUKUNG PENURUNAN STUNTING DI KABUPATEN LAMONGAN

Program B2SA menjadi salah satu fokus Bapanas dalam mendukung penurunan stunting melalui pemenuhan pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman sehingga setiap individu dapat hidup sehat, aktif, dan produktif dan diharapkan kasus stunting dapat di atasi terutama di Kab.Lamongan tepatnya di desa sugihwaras kec. kalitengah.
Tujuan Rumah Pangan B2SA adalah menyosialisasikan, mengedukasi dan mengimplementasikan ke masyarakat untuk menerapkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang.dan aman sehari-hari dalam meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat sekaligus mengintervensi dengan pemberian makanan B2SA kepada anak stunting, anak gizi buruk, anak gizi kurang, ibu hamil, dan ibu menyusui,"
pemerintah berkomitmen untuk menekan angka stunting melalui program Rumah Pangan B2SA.
Intervensi program B2SA yang dilakukan pihaknya dapat menjadi salah satu upaya dalam penanganan angka stunting di Indonesia. Kegiatan Rumah Pangan B2SA di Provinsi Jawa Timur ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan berkelanjutan dengan sumber pendanaan lainnya, misalnya dengan dana desa dan APBD, sehingga dapat menjadi percontohan untuk direplikasi di lokasi lainnya. Rumah Pangan B2SA menyediakan makanan yang akan diberikan kepada penerima manfaat, yaitu anak dengan gizi buruk, anak stunting, ibu hamil, dan ibu menyusui. Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, aktif, dan produktif. Selain itu, pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat tidak hanya ditekankan pada aspek kuantitas, tetapi juga kualitas termasuk keragaman pangan lokal, keamanan pangan, keseimbangan gizi serta kelestarian lingkungan.
Pelaksanaan program Rumah Pangan B2SA bekerjasama dengan pemerintah daerah serta Tim Penggerak PKK (TP PKK) dan bidan desa/kelurahan setempat.
Bidan desa/kelurahan sebagai pendamping akan melakukan identifikasi dan pendataan penerima manfaat, serta memantau perkembangan kesehatan dan gizi mereka. Sampai saat ini Program Rumah Pangan B2SA di Desa Sugihwaras Kec. Kalitengah sudah melaksanakan pemberian makan ke 17 kali. Pemberian makanan B2SA, di desa sugihwaras kec. Kalitengah dilakukan sebanyak 60 kali dan dilaksanakan  setiap pukul 10:00 WIB.