DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 13 Juli 2024

GERAKAN MEMBANGUN RUMAH BURUNG HANTU, ATASI TIKUS DAN PENGGUNAAN JEBAKAN LISTRIK DI SAWAH

GERAKAN MEMBANGUN RUMAH BURUNG HANTU, ATASI TIKUS DAN PENGGUNAAN JEBAKAN LISTRIK DI SAWAH

Tikus merupakan salah satu organisme pengganggu tumbuhan (OPT) Utama padi yang menyebabkan kerusakan secara mutlak sehingga dapat menimbulkan kehilangan hasil yang tinggi dalam Waktu yang cepat. kemampuan merusak tikus dapat terjadi mulai dari persemaian hingga panen. Aktivitas tikus biasanya dimualai dari sore menjelang malam sampai dengan dini hari. hewan ini mempunyai kecerdasan dalam prilakunya sehingga diperlukan integrasi metode ngendalian yang menyeluruh dan berkelanjutan.
Gerakan pembangunan RUBUHA merupakan kegiatan pengendalian tikus yang bersifat stimulant, selanjutnya kegiatan pengendalian ini diharapkan dapat direplikasi secara massif oleh pemilik lahan secara swadaya, Agar mendapat hasil yang Optimal. Upaya yang dilakukan untuk pengendalian tikus harus dilaksankan secra bersama-sama, dalam hamparan yang luas dan dilakukan secara berklanjutan

#catatan :
A. Apa ada cara khusus untuk membuat rubuha agar burung kerasan menempati?
berdasarkan pengalaman dan praktek lapangan ada beberapa hal yang bisa membuat burung hantu berada di rubuha diantaranya:
1. Jangan menghadap timur atau barat yang langsung terkena sinar matahari.
2. Jangan dekat dengan keramaian orang.
3. Rubuha jangan sampai bergerak atau bergetar kalau terkena angin.
4. Rubuha menghadap pohon, sekitar 25 meter sampai 40 meter dengan maksud untuk latihan terbang anak-anaknyanya supaya tidak jatuh. Kalau jatuh tidak bisa naik ke rubuha lagi dan akan mati.