DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 11 Juli 2024

FOCUS GROUP DISCUSION (FGD) DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADI DITENGAH MUSIM ELNINO

FOCUS GROUP DISCUSION (FGD) DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADI DITENGAH MUSIM ELNINO

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab.Lamongan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dalam upaya peningkatan produksi padi ditengah musim elnino. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab.Lamongan dan dihadiri oleh UPT. Pengawas dan sertifikasi benih tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Jawa Timur. Dalam upaya meningkatkan produksi padi berbagai kendala sering dihadapi. Mulai dari penggunaan benih, pupuk, organisme pengganggu tanaman. mengingat di musim elnino ini dibutuhkan varietas benih yang berumur genjah dan tahan air.

Dalam berusaha tani, salah satu kendala yang dihadapi petani adalah benih. Seringkali dijumpai ada sawah yang mendapat hasil kurang maksimal karena petani menggunakan benih padi seadanya. Sebagai instansi pembina petani, tentunya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab.Lamongan harus mencarikan solusi, dengan UPT. Pengawas dan sertifikasi benih tanaman pangan dan hortikultura provinsi Jawa Timur sebagai dukungan permasalahan tersebut.  Benih yang berkuatlitas dan bersertifikat perlu diperhatikan peredarannya dikalangan petani, hal ini di karekanakan banyak sekali benih-benih padi yang di jual secara on line tanpa kita tau kwalitasnya sudah teruji apa belum.

Dalam perjalanan berusaha tani, tentu ada resiko-resiko yang harus dihadapi petani. Serangan OPT bahkan musim menjadi kendala yang cukup berat yang harus dihadapi oleh para petani dalam berusaha tani, khususnya padi. Resiko terburuk yang harus dihadapi petani adalah puso atau gagal panen. Apabila itu terjadi maka akan penurunan produksi dan yang pasti, peningkatan kesejahteraan petani tidak akan tercapai. Melalui FGD di harap mendapatkan solusi varietas2 Padi yang umur genjah dan tahan terhadap kuranya air.

Diharapkan dengan adanya FGD ini para petani mendapatkan solusi yang dihadapi seperti di musim elnino tahun ini