Juni

16

 2022

BATASI 500 DPT DITIAP TPS DAN TETAP PROKES - PILKADES SERENTAK KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2022

 dinpmd
 669
 16-Juni-2022

LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam hal ini melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan giat Rakor Tim Monitoring dan Tim Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022, hari ini Rabu (16/06/2022).

Diawali dengan rapat pemantapan Tim Monitoring Pilkades Serentak yang dilaksanakan pagi tadi di Aula Gedung Dinas PMD Lamongan dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PMD Lamongan (Bpk. M.Zamroni, S.Sos., M.Si) serta didampingi oleh Sekretaris Dinas PMD Lamongan (Marzuki, SH) dan Kabid Pemerintahan Desa (Bpk. Ismaun, SH., MM).

Rapat Tim Monitoring diawali dengan penegasan dan pemantapan tugas-tugas Tim Monitor Pilkades yang akan diterjunkan langsung ke lokasi Pilkades Serentak yang tersebar di 24 Kecamatan beserta pembentukan tim kecil dan membentuk secretariat desk pilkades yang diletakkan di Kantor Dinas PMD Kabupaten Lamongan.

Sebagai OPD yang mengemban tugas dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkades Serentak Tahun 2022 ini, tentu saja Dinas PMD Lamongan sudah pasang kuda-kuda mengingat pelaksanaan pemungutan suara kurang satu pekan lagi.

“Mari kita semua, ayo kita sama-sama sukseskan Pilkades Serentak tahun ini. Beberapa kepentingan yang sekiranya bisa ditinggal kita tinggal sehari saja untuk memantau jalannya Pilkades ini. Mari koordinasikan dengan baik bersama semua tim yang telah dibentuk ini”, Pesan Bapak Zamroni saat memberi sambutan.

Pada kegiatan berikutnya, usai istirahat siang dilaksanakan pula giat rapat koordinasi bersama dengan segenap Jajaran Polres Lamongan dan Kodim Lamongan. Rapat ini masih membahas keterkaitan proses pengamanan secara penuh sebelum pilkades, pada saat pilkades dan setelah pilkades dilaksanakan.

Dalam materinya, Kadis PMD Kabupaten Lamongan menyebutkan bahwa nanti akan ada sekitar 332 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan pada tiap TPS jumlah maksimal DPT adalah sebesar 500 DPT. Hal ini dirasa cukup baik agar tidak menimbulkan kerumunan serta protocol Kesehatan pun akan menjadi maksimal.

Dalam rapat pengamanan pilkades serentak ini, Polres Lamongan menyampaikan sejumlah Mapping Kerawanan pada saat pelaksanaan pemungutan suara. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kesiapan Petugas keamanan baik dari Polres maupun Kodim terhadap tindakan yang tidak diinginkan oleh para pendukung paslon kades.

“Polres Lamongan dan segenap jajaran dibantu instansi terkait melaksanakan pengamaman pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Lamongan Tahun 2022 dengan mengedepankan giat perventif oleh Samapta, yang didukung giat deteksi oleh fungsi intelkam dan giat Gakkum oleh fungsi Reskrim guna terwujudnya Keamanan, Kelancaran dan Demokratis pada saat Masyarakat menggunakan hak pilihnya”, jelas Kabag Ops Polres Lamongan (Bapak Agus Sumbono) saat menyampaikan materi.

Lebih lanjut Jajaran Polres Lamongan menyarankan adanya simulasi sederhana yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas PMD Lamongan pada salah satu titik lokasi TPS yang dirasa rawan terjadi konflik agar situasi dapat terkendali pada saat pemungutan suara nanti.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

Kontak

Jalan Jaksa Agung Suprapto - Lamongan  Kode Pos : 62214  Telp. : (0322) 321171                .

dinpmd@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lamongan 2023