DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

"TINGKATKAN KAPASITAS", DEWAN PENGAWAS BUMDESMA SE-KABUPATEN LAMONGAN IKUTI PELATIHAN

TUBAN – Kinerja pengawasan menjadi penting bagi semua institusi agar apa yang dilakukan sebuah manajemen berjalan benar dan tak terjadi permasalahan. Seperti halnya Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) hasil transformasi UPK Ex-PNPM Mandiri Perdesaan se-Kabupaten Lamongan yang menggelar Peningkatan Kapasitas Pengawas BUMDesMa di Hotel Mustika Tuban, Jumat – Sabtu (23-24 Desember 2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan (Bapak M. Zamroni,  S.Sos., M.Si) yang hadir untuk membuka acara pelatihan berharap momen ini menjadi arena belajar bagi Pengawas BUMDesMa Lamongan.

“Mengawasi bukan menakut-nakuti, tapi membenarkan apa yang tidak sesuai dengan kinerja pengurus dan regulasi", Tutur Bapak Zamroni sambil tertawa kecil.

Menurutnya, BUMDesMa yang sudah terbentuk agar tetap mampu melayani masyarakat pedesaan dengan kinerja optimal pengurus dengan pengawasan yang lebih baik. Bapak Zamroni pun berharap kegiatan ini menjadi ajang belajar dengan materi yang diberikan oleh Narasumber, sekaligus sharing season mengutarakan kendala yang dihadapi pada saat melakukan pengawasan.

Pelatihan Pengawas BUMDesMa Kabupaten Lamongan tersebut fokus pada program kerja pengawasan, tugas pokok dan fungsi hingga auditor laporan administrasi pembukuan dan keuangan.

Nampak dari pantauan, pasca pembukaan, diskusi antar dewan pengawas masing-masing BUMDesMa se-Kabupaten Lamongan terlihat begitu antusias membahas berbagai persoalan BUMDesMa.