DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 25 Oktober 2024

CEGAH DBD, DINAS PMD LAMONGAN ADAKAN GIAT JUMAT BERSIH

LAMONGAN - Jum’at (25/10/2024) Sebagai upaya mencegah terjadinya peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan segenap pegawi dilingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan turun langsung melakukan giat Jum’at Bersih di dalam ruangan dan halaman kantor.

Disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan, Joko Raharto, S.STP., M.AP menyampaikan bahwa Musim pancaroba adalah masa berkembangbiaknya nyamuk sehingga perlu diwaspadai.

“Penyakit DBD itu hanya hilir dari kurang seriusnya kita menjaga lingkungan rumah dan tempat kerja, hulunya kesadaran kebersihan lingkungan dengan 3M,” Tutur Joko Raharto usai membersihkan halaman bersama staf.

Joko Raharto menambahkan, tindakan fogging atau pengasapan tidak terlalu berpengaruh terhadap pencegahan DBD, yang penting dan utama dilakukan warga adalah pola hidup sehat dan memastikan lingkungan sekitar tidak kumuh.

Didampingi Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Lamongan, Gatot Sugiharto, SE., MM, Pihaknya juga meminta seluruh pegawai harus rajin membersihkan lingkungan rumah dan kantor guna memberantas tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Rajin membersihkan area yang tergenang air, saluran tersumbat, pembebasan area lembab, karena nyamuk suka tempat lembab, dan gelap. Beri penerangan yang cukup, dan selalu gunakan pakaian tertutup agar tak digigit nyamuk,” pungkasnya.

Kegiatan bersih-bersih diakhiri dengan berolahraga bersama bermain volley dan menikmati Bubur Kacang Ijo buatan dari Bu Nur Kholifatul Hidayati.