DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Informasi

Informasi 19 Oktober 2024

PESONA OKTOBERBATIK LAMONGAN JADI AJANG MENGEKSPLORASI POTENSI BATIK LAMONGAN

LAMONGAN - Lamongan menggelar Oktoberbatik 2024 dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Berbagai acara digelar dalam kegiatan yang berlangsung di Lamongan Sport Center (LSC) pada Sabtu (19/10/2024). Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan diwakili oleh Ibu Sekdin DWP Dinas PMD Lamongan, Ny. Erni Gatot Sugiharto.
Oktoberbatik yang diinisiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan bersama Dekranasda Lamongan ini menjadi ajang untuk mengeksplorasi potensi batik di Lamongan. Selain itu, juga bertujuan mengekspos beragam potensi batik Lamongan.
"Dalam rangka menjaga dan melestarikan batik sebagai salah satu kekayaan budaya khas daerah, diperlukan kegiatan-kegiatan yang memicu munculnya karya-karya segar, unik, dan mampu meningkatkan daya saing batik Lamongan. Salah satunya kegiatan rutin tahunan Oktoberbatik," kata Plt. Bupati Lamongan Abdul Rouf saat menghadiri Oktoberberbatik.
Kepala Disperindag Lamongan Anang Taufik menuturkan, saat ini, Lamongan memiliki sejumlah sentra industri batik. Di antaranya, Rinci Anang, yaitu sentra industri batik Sendang, yang berada di Desa Sendangagung dan Sendangduwur, Kecamatan Paciran.
Terdapat tiga kategori lomba peragaan busana, yakni pelajar (usia 13-17 tahun), OPD, hingga big size (80 kilogram ke atas). Pada kesempatan yang sama juga disediakan pameran batik, yang menampilkan karya terbaik dari 13 brand ternama di Lamongan.
Dalam rangkaian peringatan Hari Batik Nasional di Lamongan, digelar pula lomba desain motif batik kategori umum dan lomba desain motif batik kategori pelajar. Rangkaian peringatan Hari Batik ini diharapkan memunculkan karya-karya batik yang segar, unik, out of the box, serta memiliki nilai, dan daya saing batik Lamongan.