DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 23 Agustus 2024

SUKSESKAN DESA CINTA STATISTIK (DESA CANTIK) TAHUN 2024 DI KABUPATEN LAMONGAN

LAMONGAN - Salah satu program yang dilaksanakan BPS di tahun 2024 adalah Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa Cantik, Desa Cinta Statistik. Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Kamis (08/08/2024) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan mengikuti kegiatan sosialisasi Desa Cantik di ruang Rapat kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan.
Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, Kemudian Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran, serta untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.
Program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan serta memiliki Potensi produk unggulan.
"Untuk itu perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dan berkelanjutan antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kominfo, Bappelitbangda, BPS serta instansi terkait lainnya dalam melakukan pembinaan pengembangan program ini di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Lamongan," tutur Mch. Zamroni, S.Sos (Kabid Pemerintahan Desa) saat mengikuti kegiatan tersebut.