DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 20 Juni 2024

KABID PEMDES DINAS PMD LAMONGAN HADIRI FORUM KOMUNIKASI PEMANGKU KEPENTINGAN UTAMA KABUPATEN LAMONGAN SEMESTER I TAHUN 2024

LAMONGAN – BPJS Kesehatan Cabang Gresik bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan forum komunikasi pemangku kepentingan utama di Kabupaten Lamongan semester I tahun 2024 diruang rapat Andongsari kantor Pemda Kabupaten Lamongan dengan menghadirkan sejumlah perangkat daerah salah satunya adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, Kamis (20/06/2024).

Dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Drs. Moh. Nalikan, MM dan didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Joko Nursiyanto, SH., MH serta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik Janoe Tegoeh Prasetijo, dan diikuti oleh berapa OPD terkait, dari Dinas PMD Kabupaten Lamongan diwakili oleh Kabid Pemerintahan Desa M. Zamroni, S.Sos (Pak Ong).

Disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Janoe Tegoeh Prasetijo bahwa tujuan diadakannya forum komunikasi pemangku kepentingan utama yakni (1) Tercapainya penyelesaian masalah dan memberikan solusi serta memitigasi risiko-risiko yang akan terjadi dikemudian hari, (2) Tercapainya komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan utama terkait pelaksanaan program JKN, meliputi penyampaian saran dan gagasan, pemecahan masalah serta perumusan rencana kerja sama yang strategis, (3) Tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung program JKN, (4) Terwujudnya partisipasi Pemerintah Daerah dalam mendukung sosialisasi, keberhasilan implementasi program JKN, monitoring dan evaluasi fasilitasi pelayanan peserta program JKN demi tercapainya UHC tanpa diskriminasi, (5) Mempermudah koordinasi antar instansi yang terkait dalam menyelesaikan kendala-kendala operasional di lapangan, (6) Terwujudnya kemudahan akses layanan kesehatan bagi penduduk.

Pada agenda forum komunikasi tersebut juga membahas terkait pelaksanaan dan implementasi program PESIAR dan BPJS ONLINE. Dijelaskan oleh Janoe (Kepala Kantor BPJS Kesehatan Gresik) bahwa program PESIAR adalah “Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi” yang merupakan suatu kegiatan social marketing terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan pihak ketiga yang ditugaskan atas rekomendasi Perangkat Daerah terkait. Implementasi program PESIAR ini dilakukan secara bertahap dengan prioritas Desa Mandiri, Desa Maju dan/atau Desa yang tingkat keberhasilannya tinggi.

Sedangkan untuk program BPJS ONLINE sendiri merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan melalui platform digital. Disisi lain, proses administrasi dan klaim penggunaan BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara lebih efisien dan transparan. Dengan konsep kanal layanan tanpa tatap muka yang dilakukan melalui media video conference (Aplikasi Zoom Meeting) atau perangkat online dari Kantor Desa/ Kelurahan untuk memfasilitasi masyarakat yang terkendala akses atau jarak dalam mendapatkan layanan administrasi Program JKN.