DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 20 Juni 2024

MONEV DAN PEMBINAAN PENGELOLAAN KEGIATAN YANG BERSUMBER DARI DANA DESA DI WILAYAH KECAMATAN TURI

LAMONGAN - Kegiatan Monitoring & Evaluasi (Monev) dalam pelaksanaan APBDesa Tahun Anggaran 2024 di Wilayah Kecamatan Turi dilaksanakan pada hari ini Kamis (20/06/2024). Tim Monitoring yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, M. Zamroni, S.Sos., M.Si didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan, Aset dan Sumber Daya Desa, Anang Budi Santosa, SH., M.Si dan sejumlah Pendamping Profesional diterima langsung oleh Camat Turi, Kasi PPM, Pendamping Desa, Kades, Sekdes/ Bendahara Desa dan Operator Desa.

“Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan serta pertanggungjawaban dari kegiatan yang bersumber dari Dana Desa. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya”, tutur Zamroni, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan dalam sambutannya.

Pada kegiatan monev ini, Tim akan memeriksa satu persatu dokumen berbadan hukum seperti Perdes dan Perkades, administrasi pelaporan kegiatan dan hasil pengelolaan kegiatan dari Dana Desa tahap I. Selain kegiatan monitoring dan evaluasi, kegiatan ini juga ditujukan untuk memfasilitasi pemerintah desa guna persiapan penyaluran Dana Desa Tahap II.