DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

GELAR RAKOR KASI PEMERINTAHAN KECAMATAN SE-KABUPATEN LAMONGAN, DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN FOKUSKAN EVALUASI KEGIATAN ADD DAN DBHPRD SERTA EPDESKEL

LAMONGAN – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, Bapak Gatot Sugiharto, SE., MM memimpin jalannya rapat koordinasi Kasi Pemerintahan Kecamatan se-Kabupaten Lamongan didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bapak Mch. Zamroni, S.Sos dan Subkoordinator Penataan Aparatur dan Lembaga Desa, Bapak Wiji, SH., MM yang diselenggarakan di Sasana Abdi Praja Dinas PMD Kabupaten Lamongan, Kamis (25/04/2024).

“Pada rapat koordinasi Kasi Pemerintahan Kecamatan kali ini akan membahas mengenai Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2024 yang termasuk didalamnya prioritas penghasilan tetap (SILTAP), prioritas iuran BPJAMSOSTEK (JKK, JKM dan JP), prioritas iuran BPJS Kesehatan, prioritas penyediaan operasional desa dan mekanisme penyalurannya. Selain ADD, disusul dengan membahas terkait Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (DBHPRD)”, tutur Bapak Gatot saat membuka rakor.

Pada kesempatan berikutnya Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bapak Zamroni/ Pak Ong (Sapaannya) dengan sembari mengabsen tingkat kehadiran Kasi Pemerintahan Kecamatan yang hadir pada saat acara juga menjelaskan terkait evaluasi tingkat perkembangan desa dan administrasi pemerintahan desa.

“evaluasi tingkat perkembangan desa dan administrasi pemerintahan desa ini meliputi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDESKEL), data Profil Desa Kelurahan (PRODESKEL), data Indeks Desa Membangun (IDM), Sistem Aplikasi Pendataan Desa (SAPA DESA)/ Data Desa Center (DDC), serta pemberlajaran mandiri aparatur pemerintahan desa”, tutur Pak Ong (Sapaannya).

Rakor Kasi Pemerintahan Kecamatan ini ditutup dengan dibukanya sharing season kepada narasumber terkait kendala yang mungkin dialami disetiap wilayah Kecamatan dalam pengelolaan kegiatan-kegiatan tersebut diatas.