DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

DPMD LAMONGAN LAKUKAN PEMBINAAN KEPADA PEMERINTAH DESA JATIRENGGO TERKAIT PERAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA/ LKD POSYANDU TERHADAP PENURUNAN STUNTING

LAMONGAN - Upaya untuk menurunkan angka stunting yang selama ini dilakukan oleh pemerintah, baik pusat sampai tingkat Desa masih terus dilaksanakan, hal itu karena masih banyaknya bayi yang terdeteksi gizi buruk dan menderita stunting. Pagi tadi Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan melakukan kegiatan Pembinaan LKD Posyandu pada Pemerintah Desa Jatirenggo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan terkait hal tersebut, Senin (22/04/2024).

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan berhalangan hadir dan diwakili oleh Kepala Bidang Partisipasi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Ibu Hertin Kusumaningtyas, SP., MM beserta tim Dinas PMD Kabupaten Lamongan untuk melakukan kegiatan Pembinaan.

Menurut Ibu Tetin (sapaannya) dijelaskan bahwa "kegiatan pembinaan sekaligus sharing season ini sudah mendapatkan titik temu, nilai Stunting Desa Jatirenggo masih terdapat 12 Balita, padahal Pemerintah Desa Jatirenggo sendiri sudah melakukan upaya intervensi cegah stunting melalui Pemberian Makanan Tambahan yang bersumber dari Dana Desa", Tutur Ibu Tetin

Ditambahkan oleh Ibu Tetin, Sehingga perlu disikapi dan ditindaklanjuti oleh pemerintah Daerah melalui OPD terkait. Diharapkan pula Pemerintah Desa bersama instansi terkait dan lembaga kemasyarakatan di Desa, untuk melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap gizi buruk dan stunting melalui program kegiatan sesuai tugas dan fungsinya.

Pada kesempatan lain, Bapak Zamroni yang sempat kami minta arahannya mengungkapkan bahwa, "Pemerintah Desa rata-rata sudah melakukan intervensi melalui kegiatan Dana Desa untuk penurunan stunting, tapi masih terdapat banyak kendala di Desa terutama penyajian dari Pengurusnya", Tutur Bapak Zamroni, Kadis PMD Kabupaten Lamongan.

Saat ini pemerintah sendiri sedang menjalankan program bersama dengan Kemenkes dan BKKBN yang mengkoordinasi program percepatan penurunan stunting sesuai mandat Presiden. Semoga kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik hingga ditingkat Desa. Kesuksesan penurunan kasus di Lamongan menjadi bukti bahwa jalan terbaik menuju kesinambungan pencegahan stunting adalah kerja sama dan kolaborasi untuk mendorong pemberdayaan masyarakat lokal.