DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

PLT. SEKDIN PMD LAMONGAN TERIMA CINDERAMATA DARI MAHASISWA MAGANG USAI RAMPUNGKAN MAGANGNYA DI KANTOR DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN, SEPENTING APA SIH MAGANG/ PRAKTIK KERJA BUAT MAHASISWA? YUK SIMAK ULASANNYA

LAMONGAN - Kerja Praktik atau yang sering disebut Magang, menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya di sebuah Institut perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Apapun program studi yang kamu ambil, baik jurusan pendidikan maupun non pendidikan wajib untuk menyelesaikan Magang. Seperti Salsabila Al Fala, Mahasiswi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta ini telah merampungkan magang/ praktik kerja nya kurang lebih selama 1 bulan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan. Pihak Dinas PMD Lamongan melalui Kabid Pemerintahan Desa yang sekaligus menjadi Plt. Sekretasi Dinas PMD Lamongan menerima cinderamata tanda dari Mahasiswi tersebut Jumat, (04/08/2023).

Walaupun menjadi kegiatan wajib, tetapi perlu untuk diketahui bahwa Magang menjadi kegiatan penting bagi civitas akademika Instansi Perguruan Tinggi untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Magang sangat penting bagi mahasiswa sebelum lulus kuliah.

Magang memberikan pengalaman kerja yang sangat berharga bagi mahasiswa. Selama magang, mahasiswa akan belajar bagaimana cara kerja di dunia kerja yang sesungguhnya sekaligus belajar langsung dari para profesional di bidangnya.

Selain mendapatkan pengalaman kerja, Magang juga membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan praktis yang tidak bisa didapatkan dari teori yang diajarkan di dalam kelas. Mahasiswa akan belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sebenarnya serta cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan.

Magang juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membuka peluang kerja di masa depan. Selama Magang, mahasiswa bisa memperluas jaringan dan hubungan dengan para profesional di bidangnya. Selain itu, banyak perusahaan yang memprioritaskan karyawan yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain.Dengan memiliki pengalaman kerja yang sudah diakui, mahasiswa akan lebih mudah memasuki dunia kerja.

.Pengalaman kerja yang didapatkan dari Magang juga meningkatkan kredibilitas atau tingkat kepercayaan. Mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja biasanya dianggap lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dan dianggap lebih kompeten. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik dan menjadi lebih kompetitif di dunia kerja.

.Nah Sobat Desa, Itulah pentingnya Magang sebelum lulus kuliah bagi mahasiswa. Semangat meraih cita-cita ya…