DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 01 Agustus 2023

HADIR DALAM MUSYAWARAH ANTAR DESA (MAD) BADAN USAHA MILIK DESA BERSAMA (BUMDESMA) MANTUP MANDIRI LKD KECAMATAN MANTUP, KEPALA DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN LAUNCHING PT. LKM MANTUP MANDIRI

LAMONGAN - Bertempat di pendopo Kecamatan Mantup hari Selasa lalu (01/08/2023) telah dilaksanakan musyawarah antar desa (MAD) terkait pelaporan pertanggungjawaban Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Mantup Mandiri LKD Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan.

MAD pada kesempatan kali ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, Bapak M. Zamroni, S.Sos., M.Si dan Camat Mantup, Bapak Suwanto Sastrodiharjo, SSTP., MM bersama dengan segenap Forkopimcam Mantup.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, Bapak Zamroni didampingi Camat Mantup dan segenap jajarannya serta Direktur Bumdesma Mantup Mandiri, Bapak Sutikno, SE berkesempatan untuk melaunching PT. LKM Mantup Mandiri yang mana menjadi pilot project.

Dalam Sambutannya sekaligus materinya, Bapak Zamroni menegaskan beberapa point penting dalam usaha kegiatan unit Bumdesma, mengimplementasikan beberapa regulasi dalam kegiatan Bumdesma serta memberi Amanah dan sekaligus pesan agar seluruh Kelompok pemanfaat SPP agar lebih tertib dalam membayar angsurannya, agar surplus menjadi lebih baik dan sehat.

Agenda ini merupakan rangkain terakhir dari tahapan yang dilalui dalam proses transformasi eks pnpm mandiri mpd ke bumdesma, yang merupakan pelaporan pertanggungjawaban dalam pengelolaan BUMDesma "Mantup Mandiri" Kecamatan Mantup dalam bentuk berita acara pertanggungjawaban kepengurusan Bumdesma tahun 2023.

Diharapkan dengan MAD Pelaporan Pertanggungjawaban ini agar setiap jenis kegiatan usaha yang dilaksanakan dapat meningkat dengan sistem yang akuntabel sehingga nilai surplus yang tinggi setiap tahun dan meningkatkan roda perekonomian di masyarakat.

Acara diakhiri dengan pemberian Cinderamata dan penghargaan kepada Direktur Bumdesa Mantup Mandiri sebagai bentuk apresiasi atas giatnya melaunching PT. LKM Mantup Mandiri yang menjadi pelopor dan pilot project munculnya unit usaha baru turunan dari BUMDesma.