DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

“KREASI MASAKAN BERBAHAN DASAR OTAK-OTAK” SEMARAKKAN LOMBA OTAK-OTAK PERINGATAN HJL KE-454 TAHUN 2023

LAMONGAN – Masih dalam rangka peringatan Hari Jadi Lamongan ke-454 TP PKK Kabupaten Lamongan berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan menghadirkan sebuah giat penuh inspiratif dan inovatif dalam bidang kuliner, yakni Lomba Kreasi Otak-otak yang dilaksanakan di Pelataran Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (21/06/2023).

Acara ini diikuti peserta dari berbagai kalangan umum mulai dari pelaku UMKM hingga Ibu-Ibu rumah tangga. Sedangkan dewan Juri Lomba Kreasi Otak-Otak kali ini diambilkan dari beberapa Chef dari Indonesian Chef Association (ICA), Yakni Chef Arif Wahyu, Chef Chidir Hariadi dan Chef Farikh Makhfudh.

Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Bupati Lamongan (Dr. Yuhronur Efendi, MBA) mengusung beberapa aspek dan kriteria dalam penjurian Lomba Kreasi masakan berbahan dasar Otak-otak diantaranya pertama kreasi (bentuk dan penampilan, variasi isi dan variasi toping) yang tidak meninggalkan rasa khas otak-otak, kedua cita rasa, ketiga pengemasan/ packing dan terakhir adalah proses pembuatan (termasuk didalamnya tingkat kebersihan).

Aroma masakan otak-otak dari segala penjuru pendopo lokatantra Lamongan tak bisa terhindarkan, mengingat lebih kurang lebih 50 Peserta hadir mengikuti kegiatan Lomba Otak-otak dengan penuh antusiasnya.

Dewan juri terlihat kesulitan menentukan pemenang manakala dari hampir setiap peserta menampilkan kreasi masakan otak-otak dengan sangat berkualitas dan inovatif. Namun keputusan dari dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, sehingga menghasilkan beberapa pemenang yang diumumkan langsung pada akhir acara. Dan berikut ini adalah daftar pemenangnya :

Juara 1, Masrufah (Nomor Peserta 24) dari Desa Dukuhtunggal Kec. Glagah;

Juara 2, Muslikhah (Nomor Peserta 14) dari Desa Bakalanpule Kec. Tikung;

Juara 3, Khilmiyatul (Nomor Peserta 9) dari Desa Karanganom Kec. Karangbinangun;

Harapan 1, Su’anah (Nomor Peserta 19) Perumda Deket Gg 6 No. 21 Kec. Deket;

Harapan 2, Zulfiah (Nomor Peserta 16) Desa Bulubrangsi Kec. Laren;

Harapan 3, Firly Putri Maharizki (Nomor Peserta 21) Perum Jetis Indah Kel. Jetis Kec. Lamongan.

.Semoga dengan adanya Lomba Kreasi masakan otak-otak ini dapat mengangkat kembali citra makanan / masakan khas daerah yang selama ini kalah bersaing dengan makanan / masakan modern, menggali potensi makanan khas daerah dalam rangka mendukung konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam mengangkat citra masakan khas daerah agar dapat digemari dan mampu bersaing dengan masakan modern.