DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PANEN RAYA DAN FESTIVAL BUAH DESA LATUKAN

PANEN RAYA DAN FESTIVAL BUAH DESA LATUKAN
Kabupaten Lamongan yang sudah dikenal sebagai produsen padi terbesar se Jawa Timur, juga sudah mengembangkan komoditas hortikultura khususnya sayuran dan buah semusim baik yang ditanam dengan sistem tanam di lahan maupun dengan sistem green house ataupun smart green house. Festival Latukan ini adalah salah satu wujud untuk memperkenalkan potensi buah di Kabupaten Lamongan secara nyata dan konsisten. Harapannya wilayah lain juga bisa menampilkan potensi hortikultura sebagai produk unggulan baik dengan konsep pertanian di lahan sawah ataupun urban farming/smart farming.
Kawasan Buah-buahan sebagai sentra buah dibangun untuk peningkatan produksi tanaman buah dalam upaya pencukupan kebutuhan konsumen. Komoditas yang dikembangkan adalah komoditas-komoditas yang
memiliki nilai ekonomis tinggi dan diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani penerima manfaat. Antar Kawasan Buah diharapkan dapat terjalin sinergisme (network) antar sentra produksi buah yang sejenis sehingga dapat menjamin kesinambungan pasokan buah ke pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.
Untuk arah pengembangan hortikultura di Kabupaten Lamongan sendiri Terbentuknya suatu wilayah sentra produksi yang membentuk klaster usaha agribisnis buah yang terintegrasi. Meningkatkan ketersediaan buah yang berproduksi sepanjang tahun dan memiliki nilai ekonomi tinggi (seperti melon, semangka, blewah, jambu biji kristal, pisang. durian dan pepaya)

@yuhronur_yes
@lamongan_yes
@lamonganka