Oktober

27

 2021

1000 Tahun Garudamukha Lanchana di Bumi Lamongan

 diskominfo
 1268
 27-Oktober-2021

Kabupaten Lamongan ternyata memiliki keterkaitan dengan sejarah Raja Airlangga. Tepat 1000 tahun, Desa Candisari Kecamatan Sambeng mendapatkan predikat sebagai desa sima oleh Raja Airlanga. Penetapan tersebut tertuang dalam Prasasti Cande.

Sebagai penghormatan atas sejarah tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur meresmikan Tugu Desa dengan simbol Garudamukha sebagai spirit perjuangan Lamongan menuju kejayaan.

"Maka jelaslah bagi kita semua, bahwa hari ini adalah tepat 1000 tahun yang lalu Anugerah Raja Airlangga di kukuhkan. Tepat 1000 tahun lalu 'Tugu Kejayaan' atau Jayastamba Airlangga di tegakkan di bumi Lamongan ini. Dengan demikian, tentu bukan suatu yang berlebihan jika dalam kesempatan ini, saya selaku Bupati Lamongan dengan mengambil spirit sejarah yang pernah terjadi di Desa Candisari ini sekaligus mewakili kesejarahan wilayah Lamongan pada umumnya menyatakan bahwa bulan Oktober tahun 2021 ini adalah Titik Balik Kejayaan Lamongan," ujarnya dalam acara Jambore Peringatan 1000 Tahun Garudamukha Lanchana di Bumi Lamongan, Rabu (27/10).

Ia juga menjelaskan berdasarkan prasasti Cane bahwa Lamongan sejak berabad-abad lalu telah menjadi arus perdagangan antar wilayah dan internasional.

Kegiatan tersebut turut dihadiri para pegiat budaya, pelestari cagar budaya, pramuka, mahasiswa hingga para akademisi Universitas Airlangga.

Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Lamongan

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023