Oktober

21

 2021

Arkeolog BPCB Jatim Cari Bukti Dugaan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck di Perairan Brondong Lamongan

 diskominfo
 809
 21-Oktober-2021

Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur masih terus mengidentifikasi kebenaran dari Kapal van Der Wijck yang diduga karam di sekitar perairan Brondong Lamongan. Hal tersebut disampaikan oleh Arkeolog BPCB Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho dalam pertemuan dengan Bupati Yuhronur, Kamis (21/10) di Ruang Commad Center Pemkab Lamongan.

"Memang ada kapal karam di titik yang kita duga Van Der Wijck. Dari foto-foto dan video yang kita dapatkan kita masih terus processing dan kemudian melakukan identifikasi perlahan-lahan. Jadi kita cocokkan bagian-bagian dengan gambar dari Kapal Van Der Wijck," katanya.

Saat ini, Tim BPCB masih melakukan identifikasi terhadap bangkai Kapal Van der Wijck yang ditemukan. Tujuannya agar dapat menemukan bukti yang lebih kongkrit. "Ada banyak properti, masyarakat tidak ada yang berani menjarah karena dianggap keramat. Mungkin nanti kedepan kalau itu dieksplorasi, diangkat atas seijin Bapak Bupati, bisa dijadikan museum pak," jelasnya.

Letkol Laut (T) Bagus Arianto dari Koarmada II Jatim, pada kesempatan yang sama menyampaikan pesan Panglima Koarmada II Jatim yang bersedia turut serta terlibat dalam kegiatan pencarian Kapal Van Der Wijck.

Jika benar bangkai kapal tersebut adalah kapal Van der Wijck maka akan menjadi penemuan yang besar. "Terkait gambaran pengangkatan kapal, pengalaman saya butuh biaya yang sangat besar, untuk kapal sebesar Van Der Wijck," tambahnya.

Bupati Yuhronur meminta agar semua pihak dapat berkoordinasi dengan baik terkait potensi asset nasional tersebut. “Kami terus mohon dukungan dan support supaya Kapal Van Der Wijck ini menjadi aset nasional, dan saya yakin menjadi sesuatu yang luar biasa bagi Kabupaten Lamongan,” katanya.

Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Lamongan

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023