Oktober

08

 2021

Eksploitasi Seksual Anak di Ranah Online: Sebuah Ancaman Global

 diskominfo
 1525
 08-Oktober-2021

Internet sudah menjadi teman untuk anak- anak. Secara global, rata- rata anak mengakses internet di usia yang sangat muda, yaitu berada di bawah 10 tahun. Hal yang menjadi masalah adalah anak- anak belum memiliki kapasitas yang cukup untuk menghadapi berbagai bahaya di internet. Sehingga mereka sangat rentan menjadi korban, termasuk korban eksploitasi seksual anak di ranah online

Eksploitasi seksual anak di ranah online telah menjadi ancaman global dalam beberapa dekade terakhir. Bahaya eksploitasi seksual anak di ranah online ini tidak hanya terjadi di negara berkembang, namun juga turut mengancam anak -anak di negara -negara maju lainnya. Artinya, kejahatan eksploitasi seksual anak di ranah online dapat mengancam siapa saja, termasuk anak-anak kita.

Beberapa  bentuk eksploitasi anak di ranah online,  seperti pornografi anak berupa materi yang menggambarkan tindakan kekerasan dan atau fokus pada  alat kelamin anak, grooming online (bujuk rayu secara online), sexting berupa produksi konten seksual anak oleh dirinya sendiri, sextortion berupa  pemerasan seksual dampak dari  grooming online dan sextinglive streaming seksual merupakan aktivitas secara online yang melibatkan anak dalam aktivitas seksual yang ditayangkan secara langsung dengan menggunakan  teknologi video kamera seperti live streaming, video call, aplikasi online meeting, dan sebagainya.

Selengkapnya dapat anda baca di modul Eksploitasi Seksual Anak di Ranah Online: Sebuah Ancaman Global  yang dapat diunduh melalui pranala https://literasidigital.id/books/eksploitasi-seksual-anak-di-ranah-online-sebuah-ancaman-global.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023